ANALISIS KINERJA HOTEL PELANGI I MALANG DITINJAU DARI PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD

PUJI YUNANI

Abstract


Perubahan dinamis kondisi ekonomi dan sosial menyebabkan perilaku dan sikap pelanggan juga berubah. Untuk memperoleh pelanggan yang loyal, perusahaan harus mengetahui apakah strategi yang telah diterapkan sudah berhasil, dan apasajakah yang telah dicapai pada tahun sebelumnya. Untuk mengetahui hal tersebut maka perlu dilakukan suatu pengukuran, yaitu pengukuran kinerja.
Kinerja perusahaan merupakan cermin atas hasil kegiatan dan kondisi perusahaan, hasil kegiatan dari perusahaan dianalisis, dimana hasilnya akan memperlihatkan kondisi manajemen perusahaan selama periode dilakukannya analisis akan kinerja. Sedangkan pengukuran kinerja merupakan tindakan pengukuran yang dilakukan terhadap berbagai aktivitas dalam rantai nilai yang ada pada perusahaan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menegaskan dan untuk dapat menjelaskan karakteristik variable-variabel yang diteliti pada suatu kondisi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara (interview) dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan perspektif Balanced Scorecard dan model AHP (Analytical Hierarchy Process).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis dengan perspektif Balanced Scorecard kinerja Hotel Pelangi I Malang secara keseluruhan dapat dikatakan bernilai baik. Sedangkan berdasarkan model AHP (Analytical Hierarchy Process) menunjukkan bahwa kinerja perusahaan yang lebih diprioritaskan adalah kinerja berdasarkan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, karena memiliki nilai prioritas tertinggi dibanding yang lainnya. Selanjutnya diikuti oleh kinerja berdasarkan perspektif proses bisnis internal, kinerja berdasarkan perspektif pelanggan, dan yang terakhir kinerja berdasarkan perspektif keuangan dengan nilai prioritas paling rendah.

 

Keyword : Akuntansi manajemen

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/197/jiptummpp-gdl-s1-2007-pujiyunani-9833-1.+PENDA-N.pdf


Keywords


Akuntansi manajemen