PENGARUH PENAGIHAN TERHADAP TINGKAT PENERIMAAN PAJAK (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Malang)

Dini Aristina

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian empiris pada Kantor Pelayanan Pajak Malang dengan judul ?Pengaruh Penagihan Terhadap Tingkat Penerimaan Pajak?.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui secara pasti mengenai pengaruh penagihan terhadap tingkat penerimaan pajak.
Dalam penelitian ini penulis mengambil hipotesis, yaitu : bahwa penagihan berpengaruh terhadap tingkat penerimaan pajak dengan analisis regresi linier sederhana. Tolak ukur yang digunakan untuk menguji kebenaran hipotesis yaitu jika nilai t hitung lebih besar dari t tabel ( t hitung >t tabel ).
Hasil penelitian yang telah dilakukan, dari uji normalitas data menunjukkan bahwa data telah berdistribusi normal. Dilihat dari koefisien determinasi angka r square sebesar 0,118 yang artinya bahwa penagihan akan memberikan kontribusi sebesar 11,8 % terhadap tingkat penerimaan pajak, sedangkan sisanya 88,2 % merupakan perubahan yag disebabkan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh t hitung sebesar 1,970 dan t tabel sebesar 1,699. Maka penagihan berpengaruh terhadap tingkat penerimaan pajak.
Berdasrkan kesimpulan di atas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya KPP tetap memperhatikan masalah tingkat kepatuhan pajak agar tidak harus melalui tindakan penagihan terlebih dahulu untuk mendorong wajib pajak supaya patuh, tetapi atas kesadaran Wajib Pajak itu sendiri untuk membayar pajak tepat waktu agar penerimaan pajak semakin meningkat.

 


Keyword : Pajak, Penagihan, Kepatuhan Pajak, Penerimaan Pajak

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/197/jiptummpp-gdl-s1-2007-diniaristi-9835-1.+PENDA-N.pdf


Keywords


Pajak; Penagihan; Kepatuhan Pajak; Penerimaan Pajak