ANALISIS PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP HARGA SAHAM (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN LQ 45 DI BEJ)

Nurul Hidayati

Abstract


Di tengah-tengah perkembangan perekonomian dunia yang semakin pesat dan kompleks ini, kebutuhan akan dana bagi negara-negara berkembang sangatlah dibutuhkan dalam usaha meningkatkan perkembangan ekonominya, diupayakan dari berbagai segi dan sumber pendapatan negara baik dalam negeri maupun luar negeri. Salah satu alternatif penunjang kemandirian ekonomi adalah pengembangkan potensi dalam negeri, dimana mempunyai peran yang penting dalam peningkatan pembangunan nasional, peran tersebut disebabkan oleh fungsi utama perusahaan untuk mencari keuntungan (return), dan juga dapat menggambarkan sejauh mana kemampuan aset-aset yang dimiliki perusahaan bisa menghasilkan laba.
Menurut Sitompul (1996) Pasar modal yang disebut juga Bursa Efek, sebagai sarana yang efektif untuk mempercepat pembiayaan pembangunan suatu negara dan pemenuhan kebutuhan dana investasi. Salah satunya adalah kondisi di Indonesia saat ini sering mengalami ketidakpastian terutama disektor keuangan. Hal ini disebabkan karena kondisi politik, keamanan dan alam yang tidak mendukung kestabilan ekonomi yang mengakibatkan banyak perusahaan-perusahaan yang harus berusaha mempertahankan keberadaan perusahaannya. Kepercayaan investor pada perusahaan sangat diperlukan mengingat modal yang ditanamkan para investor akan mempengaruhi kondisi saat ini, untuk perusahaan sangat diperlukan. Mengingat kondisi yang ditanamkan oleh para investor akan mempengaruhi kondisi keuangan perusahaan.
Pada saat ini melakukan investasi dalam saham, investor harus memperhatikan 2 (dua) faktor yaitu:
a. Keuntungan yang diharapkan baik berupa deviden atau capital gain.
b. Resiko kerugian di masa mendatang yang penuh dengan ketidakpastian.
Ada banyak cara dapat dilakukan oleh investor dalam melakukan analisa surat berharga akan tetapi pada dasarnya cara tersebut dapat dapat dikelompokkan menjadi 2 (dua) yaitu analisis fundamental dan analisis teknikal.
Penelitian tentang faktor-faktor fundamental terhadap harga saham telah dilakukan oleh peneliti-peneliti terdahulu di antaranya Anastasia, Gunawan dan Wijiyanti (2001) dengan temuan bahwa harga saham perusahan properti dipengaruhi oleh Book value. Penelitian sejenis dilakukan Ulfa (2006) dengan temuan hanya Return on asset yang berpengaruh signifikan terhadap harga saham perbankkan di BEJ, sedangkan faktor fundamental lainnya tidak berpengaruh. Kedua penelitian terdahulu ternyata memiliki hasil penelitian yang berbeda tentang faktor fundamental yang berpengaruh terhadap harga saham, sehingga belum dapat diambil kesimpulan tentang faktor fundamental yang berpengaruh terhadap harga saham. Penelitian ini sifatnya menguji ulang penelitian terdahulu dengan mengambil sampel dan periode yang berbeda. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil perusahaan yang masuk dalam saham indek LQ 45 sebagai objek penelitian. Alasan peneliti mengambil perusahaan yang masuk dalam kategori LQ 45 yaitu sahamnya sering di perdagangkan sehingga pengaruh faktor fundamental lebih mudah di identifikasi karena frekuensi naik turunnya harga saham lebih cepat. Berdasarkan uraian diatas, maka dalam penelitian ini mengambil judul ?Analisis Pengaruh Faktor Fundamental terhadap Harga Saham (Studi Kasus pada Perusahaan LQ 45 di BEJ)?.

 

Keyword : FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP HARGA SAHAM

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/205/jiptummpp-gdl-s1-2007-nurulhiday-10213-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP HARGA SAHAM