EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN ATAS KAS DAN PERSEDIAAN PADA PT. OCEAN GEMINDO

MAULANA MALIK

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus yang dilakukan pada PT. Ocean Gemindo Gempol-Pasuruan dengan judul ?Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Atas Kas dan Persediaan Pada PT. Ocean Gemindo?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah fungsi, prosedur, dokumen, dan laporan yang digunakan dalam sistem pengendalian intern atas kas dan persediaan bahan penolong dalan perusahaan telah menunjukkan pengendalian yang baik dan untuk memberikan masukan mengenai penerapan sistem pengendalian intern yang efektif dan efisien atas kas dan persediaan bahan penolong pada PT. Ocean Gemindo.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif meliputi narasi, evaluasi bagan alir sistem penerimaan dan pengeluaran kas serta prosedur pengadaan dan penggunaan bahan penolong sesuai dengan prinsip-prinsipnya, return on assets, perputaran aktiva, perputaran persediaan, dan rata-rata umur persediaan.
Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam sistem pengendalian kas dan persediaan bahan penolong masih terdapat kelemahan-kelemahan yang ada, umumnya lebih bersifat teknis dan administratif. Secara teknis lebih cenderung menuntut ketaatan pelaksanaan sistem dan sanksi, sedangkan secara administratif lebih cenderung menuntut terbentuknya dokumentasi yang baik dan sehat.
Berdasarkan kesimpulan diatas, peneliti menyarankan bahwa perlunya dibentuk suatu unit organisasi yang terpisah dan independen yang bertugas untuk mengecek & mengawasi efektivitas unsur-unsur pengendalian intern.

 

Keyword : EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN ATAS KAS

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/205/jiptummpp-gdl-s1-2007-maulanamal-10214-Pendahul-n.pdf


Keywords


EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN ATAS KAS