ANALISIS PENENTUAN HARGA JUAL GUNA MENINGKATKAN PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN ROKOK PT. JATI MESEM MALANG

Nuning Stiyoningsih

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada perusahaan rokok PT. Jati Mesem Malang dengan judul ?Analisis Penentuan Harga Jual Guna Meningkatkan Profitabilitas Pada Perusahaan Rokok PT. Jati Mesem Malang.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa penentuan harga jual metode cost-plus pricing dengan pendekatan kontribusi guna meningkatkan profitabilitas pada perusahaan rokok PT. Jati Mesem Malang.
Alat analisis data yang digunakan dalam penentuan harga jual pada metode cost-plus pricing dengan pendekatan kontribusi adalah dengan memisahkan biaya semi variabel menjadi biaya tetap dan biaya variabel. Pemisahan biaya ini menggunakan metode kuadrat terkecil, yaitu : Y = a + bx.
Selanjutnya menentukan harga jual metode cost-plus pricing dengan pendekatan kontribusi dengan cara menjumlahkan biaya produksi variabel dan biaya lain-lain variabel dengan persentase laba yang diharapkan oleh perusahaan dikalikan dasar penetapan biaya. Kemudian untuk mengetahui tingkat keuntungan yang diperoleh perusahaan dapat dilakukan dengan analisis contribution margin ratio (CMR), yaitu mengurangi hasil penjualan dengan biaya variabel, selanjutnya hasil tersebut dibagi dengan hasil penjualan.
Hasil perhitungan metode cost-plus pricing dengan pendekatan kontribusi berdasarkan harga jual hasil analisis dengan harga jual dari perusahaan terdapat perbedaan. Harga jual hasil analisis untuk rokok 268 Gold adalah Rp. 107.137,92 per ballnya, sedangkan harga jual dari perusahaan Rp. 107.000 per ballnya. Harga jual hasil analisis untuk rokok JM Putra Rp. 93.225,53 per ballnya, sedangkan harga jual dari perusahaan Rp.93.000 per ballnya. Kemudian contribution margin ratio masing-masing jenis produk mengalami kenaikan dibandingkan dengan contribution margin ratio berdasarkan tingkat harga jual dari perusahaan, besarnya kenaikan adalah sebagai berikut : rokok 268 Gold 0,10% dan rokok JM Putra sebesar 0,19%.
Dari hasil analisa dalam metode cost-plus pricing dengan pendekatan kontribusi untuk penentuan harga jual, dapat diketahui bahwa dalam metode cost-plus pricing dengan pendekatan kontribusi oleh perusahaan menetapkan harga jual yang lebih rendah dibandingkan dengan hasil analisis. Sehingga profitabilitas yang diperoleh perusahaan juga lebih rendah dibandingkan dengan hasil analisis.
Berdasarkan kesimpulan diatas, maka penulis menyarankan sebaiknya perusahaan rokok PT. Jati Mesem Malang berusaha untuk mencapai tingkat penjualan yang direncanakan, selain itu perusahaan dalam menentukan harga jualnya sebaiknya dengan menggunakan hasil analisis. Untuk meningkatkan profitabilitas yang akan dicapai oleh perusahaan, sebaiknya perusahaan selain menggunakan analisis contribution margin ratio juga menjaga agar biaya operasinya tidak naik, karena dengan kenaikan biaya operasi mengakibatkan profitabilitas yang diperoleh perusahaan juga akan turun.

 

Keyword : MENINGKATKAN PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN ROKOK

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/195/jiptummpp-gdl-s1-2007-nuningstiy-9740-Pendahul-n.pdf


Keywords


MENINGKATKAN PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN ROKOK