EVALUASI SISTEM DAN PROSEDUR PENJUALAN KREDIT UNTUK PENINGKATAN PENGENDALIAN INTERN PADA PT MALANG INDAH MOTOR

Nawami Wulandari

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat studi kasus pada PT Malang Indah Motor, yang bergerak dibidang usaha dagang yaitu jual beli kendaraan bermotor. Judul dari penelitian ini adalah ?Evaluasi Sistem dan Prosedur Penjualan Kredit, untuk Meningkatkan Pengendalian Intern pada PT Malang Indah Motor?. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengevaluasi sistem penjualan, pembelian, dan persediaan yang sedang berjalan dan kemudian mendesain sistem penjualan, pembelian, dan persediaan yang baru yang dapat meningkatkan pengendalian intern pada PT Malang Indah Motor.
Sistem penjualan perlu di desain sesuai dengan kebutuhan, sehingga masing-masing bagian yang terdapat dalam sistem tersebut dapat melakukan tugas-tugasnya sesuai dengan fungsinya yang dapat memberikan informasi yang akurat dan sesuai dengan kebutuhan manajemen serta dapat meningkatkan pengendalian intern pada PT Malang Indah Motor. Tujuan tersebut dicapai dengan melakukan dua tahap diantaranya: 1) Menganalisis sistem penjualan kredit yang sedang berjalan, teknik analisis yang digunakan ialah teknik analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif atau analisis non statistik. Tujuan analisis ini adalah untuk untuk mengetahui apakah sistem penjualan kredit di PT Malang Indah Motor. sudah baik, 2) Mendesain sistem penjualan kredit yang tepat untuk PT Malang Indah Motor. Tahapan ini dilakukan setelah diketahui bahwa sistem penjualan kredit pada PT Malang Indah Motor belum baik.
Penelitian rinci ditemukan bahwa sistem penjualan kredit pada PT Malang Indah Motor belum baik dan masih sederhana. Hal ini dikarenakan masing-masing bagian yang terdapat di dalam PT Malang Indah Motor masih belum melaksanakan tugas-tugasnya berdasarkan fungsi dari masing-masing bagian itu sendiri dan prosedur penjualan kredit tidak didukung dengan bukti atau dokumen yang lengkap dan syah.
Berdasarkan hasil penelitian rinci tersebut menyatakan bahwa sistem penjualan kredit yang sedang berjalan masih belum baik, maka dalam penelitian ini peneliti merekomendasikan desain sistem penjualan kredit yang tepat, sehingga masalah yang dihadapi dapat terpecahkan. Desain sistem penjualan kredit yang dibuat oleh peneliti yaitu desain prosedur penjualan kredit.

 

Keyword : Sistem, prosedur, penjualan kredit, dan pengendalian intern

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/193/jiptummpp-gdl-s1-2007-nawamiwula-9634-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Sistem; prosedur; penjualan kredit; pengendalian intern