ANALISIS PENERIMAAN RETRIBUSI GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA PASURUAN (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Pasuruan)

Warta Dharmawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kinerja keuangan dilihat dari penerimaan retribusi guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Kota Pasuruan dan memberikan gambaran tentang upaya-upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Kota Pasuruan.
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis rasio keuangan. Dalam analisis ini terdapat 2 rasio, yaitu rasio efektifitas dan rasio kontribusi. Analisis rasio efektifitas digunakan untuk mengetahui kemampuan pemerintah daerah dalam merealisasi retribusi daerah yang direncanakan berdasarkan potensi nilai daerah. Jika nilai rasio efektifitas lebih dari 100% maka disebut efektif berarti pemerintah telah mampu merealisasikan penerimaan retribusi yang telah ditargetkan. Jika nilai kurang dari 100% disebut inefektif. Analisa rasio kontribusi digunakan untuk mengetahui besarnya kontribusi retribusi daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah.
Hasil analisis dengan menggunakan analisis rasio keuangan, yaitu rasio efektifitas untuk retribusi jasa umum untuk tahun 2003-2005 nilai efektifitasnya rata-rata 103,65% pertahun, yang berarti nilai rasionya diatas 100%. Retribusi jasa usaha tahun anggaran 2003-2005 tergolong inefektif yaitu rata-rata pertahunnya sebesar 95,40%, karena rasio efektifitasnya dibawah 100% tiap tahunnya. Sedangkan untuk penerimaan retribusi jasa perijinan tertentu tahun anggaran 2003-2005 tergolong efektif, karena rasio efektifitasnya diatas 100%. Rasio kontribusi retribusi dari 3 (tiga) tahun terlihat berfluktuasi dari tahun ke tahun, ada kenaikan yang cukup signifikan pada tahun 2004 yaitu sebesar 30,61%. Sedangkan untuk retribusi jasa usaha mengalami penurunan pada tahun 2005 dari 13,07 menjadi (18,65), walaupun pada tahun 2004 mengalami kenaikan sebesar 13,07%. Dan untuk retribusi perijinan tertentu berfluktuasi dari tahun ke tahun dan cenderung meningkat terus.
Dalam penelitian ini, penulis menyarankan pemerintah daerah Kota Pasuruan harus lebih memperbaiki kinerjanya dan juga memperbaiki fasilitas yang ada, seperti sarana dan prasarana pada pelayanan kesehatan, karena retribusi terbesar terdapat pada penerimaan tersebut. Sehingga kontribusi retribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah semakin besar.

 

Keyword : Retribusi dan Pendapatan Asli Daerah

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/194/jiptummpp-gdl-s1-2007-wartadharm-9660-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Retribusi; Pendapatan Asli Daerah