IDENTIFIKASI KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (STUDI PADA DINAS PENDAPATAN DAERAH KOTA BATU)

Rizki Rahmat

Abstract


Penelitian ini merupakan studi deskriptif pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Batu periode 2004-2005 dengan judul ?Identifikasi Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepatuhan wajib pajak dalam mendaftarkan diri, kepatuhan untuk menyetorkan kembali Surat Pemberitahuan Objek Pajak (SPOP), kepatuhan dalam pembayaran pajak terutang, dan kepatuhan dalam pembayaran tunggakan.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan data sekunder dan teknik pengumpulan datanya menggunakan metode dokumenter. Setelah data dikumpulkan, selanjutnya menganalisis data. Adapun data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah jumlah Wajib Pajak Bumi dan Bangunan yang terdaftar, jumlah pengembalian Surat Pemberitahuan Objek Pajak (SPOP), jumlah pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan, dan jumlah pembayaran tunggakan Pajak bumi dan Bangunan.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam kegiatan pendaftaran Wajib Pajak Bumi dan Bangunan dan pengembalian Surat Pemberitahuan Objek Pajak (SPOP) sudah patuh. Hal ini dikarenakan sistem yang digunakan oleh petugas Pajak Bumi dan Bangunan bersifat aktif. Kegiatan pengembalian (pelunasan) Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) oleh wajib pajak masih ada yang belum patuh. Selain itu, penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan pada tahun 2004 melebihi target yang ditetapkan sedangkan tahun 2005 penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan belum terealisasi sesuai target yang ditetapkan. Pembayaran tunggakan Pajak Bumi dan Bangunan oleh wajib pajak belum patuh karena jumlah tunggakan masih tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terlihat bahwa kepatuhan wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya belum sepenuhnya patuh. Oleh karena itu, diharapkan Dinas Pendapatan Daerah Kota Batu lebih mengoptimalkan kinerjanya dalam proses penagihan Pajak Bumi dan Bangunan.

 

Keyword : Kepatuhan Pajak dan PBB

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/194/jiptummpp-gdl-s1-2007-rizkirahma-9661-Pendahul-n.pdf


Keywords


Kepatuhan Pajak; PBB