KONTRIBUSI PAJAK DAERAH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi Pada DPKKD Kab. Purbalingga)

VIKA APRILIANI

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada lingkup regional Pemerintah Daerah Kabupaten Purbalingga dengan judul ?Kontribusi Pajak Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah? studi pada DPKKD Kab. Purbalingga. Untuk mengoptimalkan PAD setelah otonomi daerah maka daerah harus mampu mengetahui keadaan daerahnya yang berpotensi serta faktor-faktor yang mampu menghasilkan PAD, salah satu caranya adalah dengan meningkatkan pajak daerah.
Sehubungan Dengan hal tersebut di atas, maka penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi pajak daerah terhadap PAD, untuk mengetahui pajak daerah yang potensial serta untuk mengetahui upaya yang dilakukan pemerintah Kab. Purbalingga guna meningkatkan pajak daerah. Hal tersebut dapat diketahui dengan menghitung realisasi jumlah pajak daerah yang dibandingkan dengan jumlah PAD, serta membandingkan dan menganalisis masing-masing jenis pajak daerah.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, komponen pajak daerah Kab. Purbalingga yang paling besar memnerikan kontribusi adalah pajak penerangan jalan dan yang paling kecil adalah pajak hotel dari seluruh penerimaan pajak daerah. Dari total kontribusi pajak daerah terhadap PAD dari tahun ke tahun mengalami fluktuasi tetapi masih memenuhi target penerimaan pajak daerah hanya tahun 2004 saja yang tidak memenuhi target penerimaan pajak daerah. Dari kontribusi total komponen PAD terhadap PAD, pajak daerah memberikan kontribusi sebesar 14,87%, retribusi daerah sebesar 51,73%, perusahaan daerah sebesar 2,43% dan pendapatan lain-lain memberikan kontribusi sebesar sebesar 21,42%. Dari komponen pajak daerah, pajak yang berpotensial di Kab. Purbalingga adalah pajak penerangan jalan dan pajak reklame. Upaya peningkatan pajak daerah di Kab. Purbalingga dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan cara intensifikasi dan ekstensifikasi.
Berdasarkan kesimpulan di atas dapat dilihat bahwa kontribusi pajak daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Purbalingga masih relativ rendah dan belum bisa memcapai hasil yang maksimal.

 

Keyword : Pajak Daerah, PAD

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/194/jiptummpp-gdl-s1-2007-vikaaprili-9668-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Pajak Daerah; PAD