ANALISIS EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI BIAYA PENJUALAN PADA PT. PATAL GRATI PASURUAN

SRI LESTARI

Abstract


Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yaitu pada perusahaan PT. Patal Grati Pasuruan dengan judul ?Analisis Efektivitas dan Efisiensi Biaya Penjualan Pada PT. Patal Grati Pasuruan?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat efektifitas dan efisiensi biaya penjualan pada PT. Patal Grati Pasuruan.
Dalam penelitian ini penulis melakukan analisis terhadap anggaran penjualan. Untuk penilaian atas efektivitas penulis menggunakan analisis selisih, yaitu mencari selisih antara anggaran penjualan dengan realisasi penjualan. Untuk mencari nilai efisiensi penjualan yaitu menggunakan analisis efisiensi penjualan (perbandingan antara biaya penjualan dengan hasil penjualan).
Hasil penelitian yang dilakukan terhadap efisiensi penjualan dengan membandingkan antara biaya dengan hasil penjualan menunjukkan bahwa naiknya biaya penjualan diimbangi dengan naiknya hasil penjualan. Dari analisis evaluasi atas efektivitas penjualan dengan membandingkan antara anggaran penjualan dengan realisasi penjualan diketahui pada tahun 2003 terjadi selisih cukup material. Selisih tersebut akibat tidak terealisasinya anggaran penjualan, sehingga mengakibatkan penumpukan persediaan akhir barang jadi di gudang.
Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penjualan pada PT. Patal Grati Pasuruan telah efisien tetapi kurang efektif.
Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis mengimplikasikan sebaiknya dalam menyusun anggaran penjualannya terperinci, perlunya meningkatkan riset pasar, perlunya untuk menambah jenis atau jumlah produksi. Menyusun anggaran penjualan per wilayah penjualan untuk mengetahui daerah yang berpotensi dalam melakukan penjualan.

 


Keyword : biaya penjualan

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/194/jiptummpp-gdl-s1-2007-srilestari-9669-1.+PENDA-N.pdf


Keywords


biaya penjualan