ANALISIS HUBUNGAN TINGKAT KEUNTUNGAN PASAR TERHADAP TINGKAT KEUNTUNGAN SAHAM INDIVIDU PADA INDUSTRI KERTAS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA

Puput Wahyu B

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan judul ? Analisis Hubungan Tingkat keuntungan Pasar Terhadap Tingkat Keuntungan Saham Individu Pada Industri Kertas Yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta ?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan tingkat keuntungan pasar terhadap tingkat keuntungan saham individu pada Industri kertas yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta.
Dalam penelitian ini, penulis mengambil hipotesis, yaitu : Tingkat keuntungan pasar mempunyai hubungan yang positif terhadap tingkat keuntungan saham individu pada Industri Kertas yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta.
Alat analisis yang digunakan yaitu koefisien korelasi Spearman kemudian dilakukan uji t yaitu analisis yang dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara keuntungan pasar dan keuntungan saham. Dari analisis tersebut untuk menguji kebenaran hipotesis di atas yaitu Hi > 0 atau terdapat hubungan.
Hasil perhitungan analisis korelasi Spearman diperoleh hasil sebesar 0,56 berarti mempunyai hubungan positif yang sedang, kemudian dilakukan uji t dengan taraf signifikan sebesar 0,05 dengan nilai 1,714 diperoleh hasil 3,242 berarti t observasi > t tabel maka Hi diterima atau ada hubungan antara return saham dan return market.
Dari hasil analisis korelasi Spearman tersebut dan didapat hasil yang sesuai dengan hipotesis yang telah dibuat, maka jika keuntungan pasar meningkat, keuntungan saham juga akan meningkat dan sebaliknya jika keuntungan saham meningkat maka keuntungan pasar juga akan meningkat pula.
Berdasarkan hasil analisis di atas penulis dapat menarik kesimpulan bahwa keadaan pasar meruapakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap harga saham yang dapat berguna untuk keputusan berinvestasi.

 

Keyword : Return Saham dan Return Market

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/195/jiptummpp-gdl-s1-2007-puputwahyu-9750-pendahul-n.pdf


Keywords


Return Saham; Return Market