ANALISIS PEMBIAYAAN MURABAHAH SEBAGAI ALTERNATIF KREDIT INVESTASI (Studi Komparasi pembiayaan Murabahah dengan Kredit investasi)

Lailatul Rahmah Setiowati

Abstract


Pnelitian ini bersifat studi komparasi dengan objek penelitian BMT Perdana Surya Utama dan dealer Vinsan Motor, yang mengambil judul Analisis Pembiayaan Murabahah sebagai Alternatif Kredit Investasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembiayaan murabahah dapat dijadikan sebagai alternatif kredit investasi untuk pengadaan sepeda motor guna menunjang kegiatan usaha masyarakat.
Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini melalui beberapa tahapan
tahapan yang pertama melakukan perhitungan terhadap pembiayaan murabahah, tahapan kedua melakukan perhitungan terhadap kredit investasi dan tahapan yang ketiga melakukan perbandingan antara hasil perhitungan pembiayaan murabahah dengan kredit investasi.
Dari hasil analisis diketahui bahwa pembiayaan murabahah layak dijadikan sebagai alternatif kredit investasi karena pembiayaan ini lebih aman dibandingkan dengan kredit investasi meskipun secara perhitungan pembiayaan murabahah lebih mahal namun hal ini tidak berlaku selamanya karena ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Pada pembiayaan murabahah yang diutamakan adalah kesepakatan antara kedua belah pihak, tidak adanya unsur paksaan pada waktu perjanjian.

 


Keyword : Pembiayaan Murabahah, Kredit Investasi

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/196/jiptummpp-gdl-s1-2007-lailatulra-9751-Pendahul-n.pdf


Keywords


Pembiayaan Murabahah; Kredit Investasi