Department of Accounting, 2007

Font Size:  Small  Medium  Large   Print Page

PENGARUH PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN SANG HYANG SERI (PERSERO) WILAYAH II MALANG

Siska Widowati

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT Sang Hyang Seri (Persero) Wilayah II Malang dengan judul? Pengaruh Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Sang Hyang Seri (Persero) Wilayah II Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara signifikan antara perputaran piutang terhadap ROI dan pengaruh Umur rata-rata piutang terhadap ROI pada Perusahaan Sang Hyang Seri (Persero) Wilayah II Malang.
Dalam penelitian ini, penulis mengambil dua hipotesis, yaitu diduga perputaran piutang berpengaruh secara signifikan terhadap ROI dan diduga umur rata-rata piutang berpengaruh secara signifikan terhadap ROI perusahaan menggunakan Analisis Regresi Sederhana.
Hasil perhitungan dengan menggunakan analisis regresi sederhana diperoleh variael perputaran piutang berkorelasi positif sebesar 37.8% terhadap ROI, tapi tidak signifikan pada tingkat : 0.05 (0.200 > 0.05). Nilai koefisien determinasi R Square (R2) sebesar 0.143, yang artinya bahwa 14.3% variabel perputaran piutang dapat menjelaskan variael dependen (ROI), sedangkan 85.7% variabel dependen dapat dijelaskan oleh variael lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Untuk persamaan regresi yang kedua diperoleh nilai koefisien determinasi R Square (R2) sebesar 0.114, yang artinya bahwa 11.4% variabel umur rata-rata piutang dapat menjelaskan variael dependen (ROI), sedangkan 88.6% variabel dependen dapat dijelaskan oleh variael lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Dengan menggunakan t-test dengan tingkat : 0.05, diperoleh nilai t tael seesar 1.746, sedangkan dengan pengujian statistik diperoleh t hitung seesar 1.529 dan untuk persamaan regresi yang kedua diperoleh t hitung seesar 1.345. Karena nilai t hitung < t tabel maka Ho diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa variabel independen (perputaran piutang dan umur rata-rata piutang) tersebut secara signifikan tidak berpengaruh terhadap variabel dependen (ROI).
Berdasarkan kesimpulan di atas, maka saran yang dapat diberikan kepada perusahaan guna mengefektifkan pengumpulan piutang adalah dengan jalan mengusahakan tepat waktu administrasi penagihan piutang, menentukan besarnya risiko yang akan diterima perusahaan, memberikan potongan tunai kepada pelanggan yang membayar tepat waktu, dan perlu diadakan uji statistik lebih lanjut untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perputaran piutang dan umur rata-rata piutang terhadap ROI yang sesungguhnya dengan konsekuensi diperlukan data yang lebih banyak.

 

Keyword : Profitabilitas

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/196/jiptummpp-gdl-s1-2007-siskawidow-9752-PENDAHUL-N.pdf



Abstract: PDF , PS , DOC