PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI DASAR PENILAIAN PRESTASI KERJA KEPALA BIDANG USAHA PERDAGANGAN SEMEN PT. VARIA USAHA GRESIK

DEVI NOFITA

Abstract


Penelitian ini bersifat studi kasus pada PT. Varia Usaha Gresik, dengan judul ??Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Dasar Penilaian Prestasi Kerja Kepala Bidang Usaha Perdagangan Semen Pada PT. Varia Usaha Gresik??.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauhmana penerapan akuntansi pertanggungjawaban pada PT. Varia Usaha Gresik serta untuk menerangkan bagaimana prestasi kerja Kepala bidang usaha perdagangan semen pada PT. Varia Usaha Gresik.
Sumber data dalam penelitian ini yakni data sekunder, berupa data-data dokumentasi yang dimilki perusahaan diantaranya data anggaran dan realisasi penjualan bidang usaha perdagangan semen, kode rekening, dan klasifikasi biaya.
Metode analisis yang digunakan yakni analisis struktur organisasi, analisis penyusunan anggaran pendapatan, analisis klasifikasi biaya dank ode rekening, dan analisis penilaian prestasi manajer.
Dari keseluruhan analisis disimpulkan bahwa prestasi kerja Kepala bidang usaha perdagangan semen pada tahun 2002 dan 2003 dinilai dari segi efektifitas dapat dikatakan belum berjalan secara efektif. Terbukti selama tahun 2002 dan 2003 total anggaran penjualan untuk empat produk yaitu Semen In Bag, Semen In Bulk, Semen Jumbo Bag, dan Angkutan lebih besar dari total realisasinya. Temuan lain, struktur organisasi sudah memenuhi syarat akuntansi pertanggungjawaban, sebab sudah diadakan pemisahan fungsi secara tegas dan jelas. Sehingga akan membentuk garis komando dan garis koordonasi, yaitu dari bawah sampai atas dalam mempertanggungjawabkan pendapatan dan biaya yang menjadi tanggungjawabnya.
Perusahaan sudah cukup melibatkan setiap tingkatan manajemen dalam penyusunan rencana kerja dan anggaran, penyusunan rencana kerja dan anggaran mengalir dari manajer tingkat bawah sampai manajer tingkat atas, sehingga dalam hubungannya dengan pengawasan anggaran dapat digunakan sebagai pengukuran prestasi dari masing-masing kepada bidang usaha. Klasifikasi biaya dan kode rekening telah terdapat pada PT. Varia Usaha Gresik tetapi perusahaan belum menggolongkan antara biaya terkendali dan biaya tak terkendali.
Berdasarkan kesimpulan diatas, maka penulis dapat mengaplikasikan bahwa PT. Varia Usaha Gresik dapat meberapkan akuntansi pertanggungjawaban sebagai dasar penilaian prestasi kerja Kepala bidang usaha.

 

Keyword : Akuntansi pertanggung jawaban

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/196/jiptummpp-gdl-s1-2007-devinofita-9757-1.+PENDA-N.pdf


Keywords


Akuntansi pertanggung jawaban