ANALISIS SWOT PADA PT. SELECTA BATU

Dewi Kumalasari

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu menggambarkan dan memaparkan permasalahan subjek yang diteliti, kemudian dipecahkan berdasarkan konsep ilmiah diterima umum. Judul dari penelitian ini adalah ?Analisis SWOT Pada PT. Selecta Batu?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan faktor-faktor apakah yang mempengaruhi strategi PT. Selecta Batu berdasarkan analisis SWOT?.
Alat analisis yang digunakan peneiliti untuk memperoleh hasil dari tujuan penelitian adalah menggunakan analisa Strength Weakness Opportunity Threat atau SWOT, yaitu dengan cara pertama mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan eksternal dan internal, kedua memasukkan factor-faktor internal ke dalam matrik IFAS dan factor-faktor eksternal ke dalam matrik EFAS, ketiga hasil dari matrik IFAS dan EFAS dimasukkan ke dalam matrik SWOT untuk mengetahui posisi perusahaan dan mengetahui strategi-strategi yang dapat diterapkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi strategi perusahaan berdasarkan SWOT adalah faktor internal meliputi fasilitas yang memadai, harga terjangkau, kondisi geografis, memiliki 400 tenaga kerja, promosi kurang optimal, saluran distribusi, penempatan karyawan tidak tepat, kinerja keuangan kurang bagus. Faktor eksternal meliputi tingkat pertumbuhan ekonomi, UU No.25 dan No.25 tahun 1999, tingkat inflasi, stabilitas politik, pendatang baru, kekuatan pesaing, dan maraknya produk pengganti.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya perusahaan meningkatkan kwalitas pelayanan terhadap pengunjung, mendorong pengunjung menikmati fasilitas yang ditawarkan, meningkatkan promosi, memperluas daerah pemasaran, dan menambah fasilitas.

 

Keyword : Anlisis SWOT, Strategi

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/196/jiptummpp-gdl-s1-2007-dewikumala-9766-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Anlisis SWOT; Strategi