EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE BALANCED SCORECARD UNTUK PENGUKURAN KINERJA PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA DIVRE V JAWA TIMUR

NURLEYLA NURLEYLA

Abstract


Penelitian ini merupakan pengamatan langsung pada PT. Telekomunikasi Indonesia Divre V Jawa Timur, dengan judul Efektifitas Penerapan Metode Balanced Scorecard untuk Pengukuran Kinerja pada PT. Telekomunikasi Indonesia Divre V Jawa Timur. Dimana PT. Telkom adalah suatu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang jasa telekomunikasi yang bertujuan untuk membangun dan mengembangkan usaha telekomunikasi untuk umum dalam arti seluas-luasnya, guna mempermudah kelancaran hubungan masyarakat baik secara nasional maupun internasional.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menerangkan bagaimana model Balanced Scorecard yang diterapkan pada PT. Telekomunikasi Indonesia Divre V Jawa Timur dan menerangkan apakah pelaksanaan Balanced Scorecard yang diterapkan sudah efektif atau belum dalam usahanya untuk meningkatkan kinerja perusahaan
Teknik analisis yang digunakan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode Balanced Scorecard yaitu dengan analisis deskriptif yang menggabungkan antara data pada obyek penelitian dengan teori yang mendukung. Tolok ukur dari efektif atau tidaknya Balanced Scorecard yang telah dilaksanakan adalah dengan melakukan cross check. Cross check dilakukan untuk mengetahui apakah hasil analisis kinerja berdasarkan Balanced Scorecard sudah mencapai target atau belum.
Dari hasil analisis yang penulis lakukan, dapat diketahui bahwa pengukuran kinerja dengan menggunakan Balanced Scorecard telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur atau langkah-langkah menurut teori yang ada. Hasil analisis efektivitas untuk periode tahun 2004-2005 kinerja perusahaan yang diukur dengan menggunakan metode Balanced Scorecard, telah menunjukkan hasil yang efektif. Hal ini terlihat dari ketiga perspektif Balanced Scorecard, yaitu perspektif keuangan, proses bisnis internal, serta belajar dan tumbuh telah melampaui target yang ditetapkan perusahaan. Sedangkan perspektif yang tidak mencapai target adalah semua ukuran strategik pada perspektif pelanggan.

 

Keyword : Kinerja, Balanced Scorecard, Efektivitas

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/196/jiptummpp-gdl-s1-2007-nurleyla02-9768-A.+Penda-n.pdf


Keywords


Kinerja; Balanced Scorecard; Efektivitas