AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN MANAJEMEN FUNGSI MARKETING PADA MEGA BINTANG SWEET HOTEL DI CEPU

Jatminingsih Jatminingsih

Abstract


Penelitian ini merpakan penelitian deskriptif pada perusahaan jasa Mega Bintang Sweet Hotel Cepu dengan judul ?AKUNTANSI PERTANGGUNG JAWABAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN MANAJEMEN FUNGSI MARKETING PADA MEGA BINTANG SWEET HOTEL CEPU ?.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan akuntansi pertanggungjawaban yang diterapkan pada Mega Bintang Sweet Hotel Cepu. Dan sejauh mana penerapan akuntansi pertanggungjawaban dapat digunakan sebagai alat pengendalian manajemen.
Analisis yang digunakan adalah dengan menganalisis kelima syarat penerapan akuntansi pertanggungjawaban yang meliputi, menganalisis struktur organisasi, menganalisis penyusunan anggaran, menganalisis penggolongan biaya terkendali dan biaya tidak terkendali, menganalisis sistem akuntansi biaya yang disesuaikan dengan struktur organisasi serta menganalisis sistem pelaporan biaya pada manajer yang bertanggung jawab.
Hasil dari analisis kelima syarat penerapan akuntansi pertanggungjawaban tersebut adalah struktur organisasi dan penyusunan anggaran sudah sesuai dengan syarat penerapan akuntansi pertanggungjawaban, jenis biaya belum digolongkan dalam bentuk biaya terkendali dan biaya tak terkendali, sistem akuntansi biaya belum disesuaikan dengan struktur organisasi serta belum adanya pelaporan biaya pada manajer yang bertanggung jawab. Sehingga manajemen Mega Bintang Sweet Hotel masih perlu mengadakan penyempurnaan dalam pemenuhan syarat-syarat penerapan akuntansi pertanggungjawaban.
Dari hasil analisis yang digunakan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pada dasarnya akuntansi pertanggungjawaban dapat diterapkan di Mega Bintang Sweet Hotel sebagai alat pengendalian manajemen.
Berdasarkan kesimpulan diatas, disarankan agar perusahaan melakukan penyempurnaan syarat-syarat penerapan akuntansi pertanggungjawaban. Tentunya dengan harapan sistem akuntansi pertanggungjawaban akan lebih membantu kelancaran operasi perusahaan sehingga tujuan perusahaan secara keseluruhan dapat tercapai.

 

Keyword : Marketing, pengendalian manajemen

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/196/jiptummpp-gdl-s1-2007-jatminings-9770-1+PENDAH-N.pdf


Keywords


Marketing; pengendalian manajemen