ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELENGKAPAN PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta)

RISKA DWI HARVENTY

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian empiris mengenai pengaruh faktor-faktor seperti Leverage, Likuiditas, Profitabilitas, Earning Per Share, Umur Perusahaan, dan Porsi Kepemilikan Saham Publik terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan. Sampel dari penelitian ini diambil dengan menggunakan metode purposive random sampling untuk perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Jakarta sampai dengan tahun 2004.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengadakan pengujian secara empiris apakah faktor-faktor yang tersebut diatas berpengaruh terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan.
Untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variable terikat, dimana variabel bebas adalah Leverage, Likuiditas, Profitabilitas, Earning Per Share, Umur Perusahaan, dan Porsi Kepemilikan Saham Publik sedangkan variabel terikatnya adalah kelengkapan pengungkapan laporan keuangan, alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan diolah dengan menggunakan alat bantu berupa program SPSS for windows versi 13.0.
Hasil analisis menunjukkan bahwa antara Leverage, Likuiditas, Profitabilitas, Earning Per Share, Umur Perusahaan, dan Porsi Kepemilikan Saham Publik secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan. Ini terbukti dari dari uji hipotesis yang menunjukkan hasil Fhitung < Ftabel. Untuk hasil analisis secara parsial menunjukkan bahwa faktor leverage dan umur perusahaan mempengaruhi secara signifikan terhadap kelengkapan laporan keuangan.
Berdasarkan kesimpulan diatas penulis dapat mengaplikasikan untuk peneliti selanjutnya untuk mempertimbangkan variable-variabel lain yang lebih kuat pengaruhnya terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan dan juga mempetimbangkan dalam hal pemilihan sample dan periode penelitian untuk memberikan kesimpulan yang berbeda dengan penelitian ini.

 

Keyword : LAPORAN KEUANGAN

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/196/jiptummpp-gdl-s1-2007-riskadwiha-9778-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


LAPORAN KEUANGAN