ANALISIS RASIO KEUANGAN SEBAGAI SALAH SATU ALAT DALAM MELAKUKAN PENILAIAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi pada PT. Pesona Remaja Malang)

Vira Hapsari

Abstract


Analisis yang digunakan untuk pengukuran kinerja keuangan perusahaan adalah perhitungan rasio likuiditas, rasio aktivitas, rasio solvabilitas, dan rasio profitabilitas pada periode 2002-2004.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan rasio likuiditas, ternyata perusahaan menunjukkan perkembangan yang fluktuatif atau naik turun dari tahun 2002 sampai 2004. Rasio aktivitas menunjukkan angka yang naik pada rata-rata umur piutang, dan penurunan angka pada perputaran persediaan. Berdasarkan rasio solvabilitas, terjadi penurunan angka pada rasiototal hutang terhadap total aset, juga pada Time Interest Earning mengalami penurunan angka. Rasio profitabilitas menunjukkan angka-angka yang menurun baik pada Prifit Margin, ROA, dan ROE.
Dari hasil penelitian tersebut maka penulis menarik kesimpulan bahwa perusahaan mampu membayar hutang-hutang jangka pendeknya di tahun 2002-2004 dengan aktiva lancar yang dimiliki, hal ini dibuktikan dengan perolehan angka likuiditas yang di atas standar. Dalam hal pengumpulan piutang di tahun 2002-2004 perusahaan terlihat kurang efisien karena pengumpulan piutangnya melebihi jangka waktu yang ditetapkan yaitu 60 hari, hal ini dapat menggangu kontinuitas perusahaan. Aktivitas perputaran persediaan di perusahaan di tahun 2002-2004 cukup lambat sehingga mengakibatkan dana yang tertanam mengalami perputaran yang lambat. Perusahaan dikatakan solvabel pada tahun 2002-2004, terbukti dari total asetnya lebih besar dari total hutangnya. Profitabilitas perusahaan pada tahun 2002-2004 mengalami penurunan yang berarti kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba menurun.
Dari kesimpulan di atas penulis dapat mengimplikasikan bahwa perusahaan hendaknya meningkatkan kinerja keuangan secara menyeluruh karena dari beberapa perhitungan rasio masih ditemukan angka-angka yang mengalami kemunduran, perusahaan hendaknya mempertahankan prestasi kinerja keuangan yang sudah menunjukkan hasil yang baik.

 


Keyword : Rasio keuangan, kinerja keuangan

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/196/jiptummpp-gdl-s1-2007-virahapsar-9786-1.+PENDA-N.pdf


Keywords


Rasio keuangan; kinerja keuangan