ANALISIS PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG MASUK DALAM LQ 45

Akhmad Agustina Astria

Abstract


Penelitian ini merupakan studi empiris yang dilakukan atau yang digunakan sebagai objek penelitian adalah perusahaan-perusahaan yang terdaftar dalam LQ 45 dan aktif pada periode 2004-2005 di Bursa efek Jakarta. Penelitian ini mengambil judul ?Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Dan Volume Perdagangan Saham Pada Perusahaan Yang Masuk Dalam LQ 45?.
Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda, dengan formulasi:
Harga Saham (Y1) = a + b1 EPS + b2 ROA + b3 NPM + b4 Cash Ratio + b5 DTA + e
Volume Perdagangan Saham (Y2) = a + b1 EPS + b2 ROA + b3 NPM + b4 Cash Ratio + b5 DTA + e
Hasil dari pengujian hipotesis pertama dilakukan dengan Uji F yaitu pengujian secara serentak pengaruh variabel keseluruhan terhadap harga saham, pada pengujian ini Ha diterima dengan ditunjukkan dengan besarnya Fhitung lebih besar dari Ftabel (3.203 > 2.400). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan dari variabel keseluruhan terhadap harga saham. Sedangkan untuk volume perdagangan saham, pada pengujian ini Ha diterima dengan ditunjukkan dengan besarnya Fhitung sebesar 23.033, nilai ini lebih besar dari Ftabel (23.033 > 2.400). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan dari Variabel keseluruhan terhadap volume perdagangan saham.
Dari hasil penelitian tersebut, penulis mengimplikasikan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rasio keuangan terutama EPS dan CR yang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham, dan rasio keuangan ROA dan DTA yang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume perdagangan saham. Dengan kesimpulan mengimplikasikan bahwa rasio keuangan EPS dan CR merupakan rasio yang lebih baik digunakan oleh perusahaan untuk mengukur kinerja keuangan agar memperoleh keuntungan dari kenaikan harga saham. Sedangkan hasil penelitian untuk pengaruh variabel terhadap volume perdagangan saham menunjukkan bahwasannya EPS dan CR tidak berpengaruh signifikan terhadap volume perdagangan saham, hal ini mendukung penelitian terdahulu bahwasannya EPS baik positif maupun negatif tidak berpengaruh signifikan terhadap volume perdagangan saham.

 

Keyword : Kinerja Keuangan Harga Saham Volume Perdagangan Saham

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/194/jiptummpp-gdl-s1-2007-akhmadagus-9653-01.+Pend-n.pdf


Keywords


Kinerja Keuangan; Harga Saham; Volume Perdagangan Saham