ANALISIS EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KABUPATEN NGANJUK

Diky Maududi

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada Pemerintah Kabupaten Nganjuk yang dengan judul ?Analisis Efektivitas dan Efisiensi Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Nganjuk?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar efektivitas dan efisiensi pandapatan asli daerah yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Nganjuk dan untuk mengetahui bagaimana Pemerintahan Kabupaten Nganjuk melakukan pengelolaan pendapatan asli daerah dengan efektif dan efisien.
Alat analisis yang digunakan untuk mengatahui pengelolaan keuangan Pemerintah Kabupaten Nganjuk adalah dengan menggunakan analisis rasio keuangan daerah yaitu, Rasio Efektivitas, Rasio Efisiensi, dan Rasio Pertumbuhan. Hasil perhitungan Rasio efektivitas untuk Kabupaten Nganjuk rata-rata pertahunnya adalah 110,80%. Rasio efisiensi untuk Kabupaten Nganjuk rata-rata pertahunnya 13,77%. Rasio pertumbuhan PAD rata-rata pertahun Kabupaten Nganjuk adalah sebesar 26,16%.
Hasil perhitungan rasio dapat disimpulkan bahwa tingkat efektivitas Kabupaten Nganjuk tahun 2001-2004 cukup baik tetapi mengalami fluktuasi kecuali pada tahun 2005 yang tidak efektif karena PAD tidak terealisasi. Rasio efisiensi Kabupaten Nganjuk cukup baik karena sudah efisien dalam memungut PAD. Untuk rasio pertumbuhan Kabupaten Nganjuk cenderung menurun.
Berdasarkan uraian diatas, penulis dapat menyarankan agar Pemerintah Kabupaten Nganjuk lebih untuk mengoptimalkan PADnya dengan cara intensifikasi dan ekstensifikasi penggalian potensi PAD serta mempertahankan efektivitas dan efisiensi keuangan.

 

Keyword : Efektivitas, efisiensi

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/194/jiptummpp-gdl-s1-2007-dikymaudud-9655-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Efektivitas; efisiensi