ANALISIS PEMUNGUTAN PAJAK BUMI BANGUNAN Dan KONTRIBUSINYA PADA DINAS PENDAPATAN DAERAH KOTA PASURUAN (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Pasuruan)

Khoerul Anam

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemungutan pajak bumi dan bangunan sudah efektif dan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi pembagian hasil pajak bumi bangunan terhadap peningkatan penerimaan daerah kota Pasuruan.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan data sekunder dan teknik pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi. Setelah data dikumpulkan, selanjutnya menganalisis data. Adapun data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah Stuktur organisasi dispenda kota pasuruan, pelaksanaan sistem dan prosedur pemungutan PBB, target dan realisasi pemungutan PBB dan pendapatan daerah periode 2003-2005 dan kontribusi PBB terhadap pendapatan daerah.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam struktur organisasi Dispenda terdapat tiga (3) jabatan struktural yang kosong, kekosongan itu diisi dengan cara mengomtimalkan kinerja para staf yang ada, Rasio efektifitas PBB Kota Pasuruan tahun 2003 sampai dengan 2005 terendah terdapat di kecamatan Purworejo. Sistem pemungutan PBB untuk Kota Pasuruan belum efektif hal ini dapat dibuktikan dengan tidak tercapainya target yang telah ditetapkan. Penyebab dari semua itu karena sistem pemungutannya kurang optimal Kontribusi PBB terhadap penerimaan daerah Kota Pasuruan terlampau kecil sehingga Pemerintah Daerah dituntut untuk terus berupaya meningkatkan penerimaan daerah khususnya dari sektor PBB.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terlihat bahwa pemerintah Kota Pasuruan tidak boleh hanya berusaha meningkatkan penerimaan daerah saja, tetapi harus meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

 

Keyword : Pemungutan PBB

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/194/jiptummpp-gdl-s1-2007-khoerulana-9662-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Pemungutan PBB