ANALISIS DISKRIMINAN DAN RASIO KEUANGAN SEBAGAI ALAT UNTUK MEMPREDIKSI KEGAGALAN BISNIS PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG LISTING DI BEJ

ERAWATI ERAWATI

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian explanatory pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta dengan judul ?Analisis Diskriminan dan Rasio Keuangan sebagai alat untuk memprediksi kegagalan bisnis pada perusahaan makanan dan minuman yang listing di BEJ?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dalam memprediksi kepailitan pada perusahaan makanan dan minuman yang tercatat di BEJ dengan analisa Diskriminan Altman.
Analisis Diskriminan Altman dihitung dengan formula rumus model diskriminan Altman menggunakan tolak ukur untuk Z score kurang dari 1,20, maka perusahaan masuk dalam kategori perusahaan bangkrut atau gagal. Sedangkan Z score lebih dari 1,20 maka perusahaan masuk dalam kategori tidak bangkrut.
Dalam analisis lebih lanjut Eigenvalue, menunjukkan besarnya nilai pembeda adalah 0.671, maka besarnya perbedaan rasio keuangan perusahaan bangkrut dan tidak bangkrut adalah 67.1%. Hal ini berarti 67.1% varians dari variabel dependen ( Z score) dapat dijelaskan oleh model diskriminan yang terbentuk hanya 2 variabel bebas (X2 dan X5) yang mempunyai klasifikasi kelompok perusahan bangkrut dan tidak bangkrut pada perusahaan makanan dan minuman. Sedangkan sisanya 32.9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model. Kondisi ini menunjukkan bahwa antara variabel terikat (Z score) dengan variabel bebas mempunyai hubungan yang erat atau kuat.
Dari 5 rasio yang terbentuk dari model Altman, ada 2 rasio keuangan yang dapat dibuat suatu model diskriminan yang berpengaruh terhadap perusahaan makanan dan minuman. Untuk membedakan model yang baru dengan yang digunakan Altman, maka variabel yang baru menggunakan Z?
Z? Bangkrut = -2.036 ? 0.683 X2 +2.399 X5
Z? Tidak Bangkrut = -3.823 + 0.767 X2 + 4.785 X5
Berdasarkan penelitian ini penulis memberi saran bahwa sebaiknya pihak manajemen perusahaan makanan dan minuman yang masuk dalam kategori bangkrut perlu memperhatikan penelitian ini. Hasil penelitian ini merupakan bahan pertimbangan untuk melakukan pembenahan dan peningkatan kinerja keuangan dengan menekankan pada faktor yang diidentifikasi sebagai penyebab kebangkrutan.

 

Keyword : Prediksi, kebangkrutan

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/194/jiptummpp-gdl-s1-2007-erawati016-9663-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Prediksi; kebangkrutan