HUBUNGAN LIKUIDITAS KEUANGAN DENGAN TINGKAT PROFITABILITAS PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG LISTING DI BURSA EFEK JAKARTA (BEJ)

Iswatun Hasanah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kausal assoiatif menjelaskan penelitian yang mengukur kekuatan hubungan antara dua variable atau lebih dan juga menunjukkan arah hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Pada perusahaan manufaktur makanan dan minuman dengan judul ?Hubungan Likuiditas dengan Tingkat Profitabilitas Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Listing Di BEJ (2003-2005)?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara likuiditas dengan profitabilitas perusahaan makanan dan minuman yang listing di BEJ selama tiga tahun berturut-turut (2003-2005)
Alat analisis yang dipakai untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara likuiditas dengan prifitabilitas analisis ini menggunakan rasio ilkuiditas (cash ratio, current ratio dan acid test ratio) dan rasio profitabilitas (margin laba, ROI dan ROE). Sedangkan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara likuiditas dengan profitabilitas peneliti menggunakan koefisien korelasi.
Hasil perhitungan rasio likuditas menunjukkan PT. Davomas tahun 2003 sampai dengan tahun 2005 memiliki nilai rasio diatas rata-rata industri untuk Cash Ratio, Pada Current ratio dan Acid Test Ratio. Dimana untuk Cash Ratio tahun 2003 sampai dengan tahun 2005 masing-masing ratio diatas rata-rata industri. Sedangkan dari perhitungan rasio profitabilitas menunjukkan PT Multi Bintang memiliki nilai rasio diatas rata-rata industri untuk Margin Laba pada tahun 2003, ROI pada tahun 2003 dan 2004, dan ROE pada tahun 2003 sampai dengan tahun 2005. PT. Sari Husada memiliki nilai rasio diatas rata-rata industri untuk Margin Laba. Sedangkan PT. Multi Bintang pada tahun 2004 memiliki nilai rasio diatas rata-rata industri pada ROI dan ROE. PT. Sari Husada pada tahun 2005 memiliki nilai rasio diatas rata-rata industri untuk Margin Laba tahun 2004 dan 2005 dan ROI pada tahun 2005.
Dari hasil perhitungan koefisien korelasi dapat diketahui bahwa antara likuiditas dan profitabilitas pada perusahaan makanan dan minuman selama tiga tahun berturut-turut (2003-2005) tidak mempunyai hubungan yang singnifikan dimana nilai koefisien korelasi sangat rendah dan tingkat signifikansi diatas  = 0,05 %.
Berdasarkan kesimpulan di atas, maka saran yang dapat diberikan kepada perusahaan tersebut adalah : Bagi manajemen dituntut mampu memilih investasi dengan tingkat pengembalian optimum dengan tingkat resiko minimum atau biaya modal sehingga nilai perusahaan dapat di maksimumkan. Mengurangi pemakaian modal serta dapat melakukan investasi pada proyek-proyek dengan tingkat pengembalian yang tinggi.

 

Keyword : likuiditas, Profitabilitas

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/194/jiptummpp-gdl-s1-2007-iswatunhas-9665-1.+PENDA-N.PDF


Keywords


likuiditas; Profitabilitas