PENGARUH PEMERIKSAAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Malang)

Ririn Kusumawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemeriksaan rutin yang dilakukan oleh Dirjen Pajak melalui Kantor Pelayanan Pajak Malang terhadap kepatuhan wajib pajak untuk tahun 2000 sampai dengan tahun 2005.
Dalam penelitian ini, penulis mengambil dua hipotesis, yaitu: pemeriksaan rutin tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dan pemeriksaan rutin berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh pemeriksaan rutin terhadap kepatuhan wajib pajak menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan program SPSS 10.0 for windows.
Hasil perhitungan dengan alat analisis regresi linier sederhana menunjukkan korelasi sebesar 0.476 dengan kontribusi 22.6% sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji t diperoleh nilai thitung sebesar 2.537 dan nilai ttabel sebesar 1.7139 dengan nilai signifikan 0.019.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemeriksaan rutin berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Dengan demikian hipotesis yang pertama ditolak dan hipotesi yang kedua diterima dan dalam penelitian ini terbukti.
Berdasarkan uraian diatas, dapat disarankan kepada Kantor Pelayana Pajak Malang dapat memberikan penyuluhan terhadap wajib pajak agar pengetahuan dan wawasan masyarakat tentang pajak dapt bertambah, hal ini sangat berpengaruh terhadap kesadaran dan kepatuhan wajib pajak sehingga tidak harus melalui tindakan pemeriksaan terlebih dahulu agar wajib pajak patuh tetapi atas kesadaran wajib pajak itu sendiri.

 

Keyword : Pemeriksaan, Kepatuhan Wajib Pajak

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/196/jiptummpp-gdl-s1-2007-ririnkusum-9753-1.+Penda-n.PDF


Keywords


Pemeriksaan; Kepatuhan Wajib Pajak