ANALISIS PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG GO PUBLIC DI PT BEJ (Studi Kasus Saham-Saham Manufaktur Di BEJ)

FITRIALLISAN FITRIALLISAN

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh variabel bebasnya (ROE, LR, DPR, PBV, dan PER) terhadap harga saham; dan untuk menganalisis variabel mana yang dominan pengaruhnya terhadap harga saham perusahaan-perusahaan manufaktur di BEJ.
Dalam penelitian ini, peneliti mengambil dua hipotesis, yaitu : bahwa faktor-faktor fundamental (ROE, DPR, EPS, PBV, PER) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh secara signifikan baik bersama-sama maupun secara parsial terhadap harga saham; dan variabel PBV merupakan variabel yang dominan pengaruhnya terhadap harga saham.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui variabel manakah yang berpengaruh terhadap harga saham dan variabel mana yang dominan pengaruhnya terhadap harga saham adalah dengan menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Dari kedua tolak ukur ini digunakan untuk menguji kebenaran hipotesis pertama dengan menggunakan uji F dan uji t. Dari hasil uji analisis tersebut, maka akan diketahui variabel mana yang dominan pengaruhnya terhadap harga saham yang nantinya akan dapat diketahui kebenaran hipotesis yang kedua.
Hasil perhitungan dengan alat analisis regresi linier menggunakan uji F adalah dengan nilai F hitung sebesar 4,844 dengan tingkat signifikansi 0,001. Sedangkan hasil analisis dengan menggunakan uji t, diketahui bahwa t tabel= 1,658 dengan tingkat signifikan 10%.
Dari hasil secara keseluruhan menggunakan analisis regresi, diketahui bahwa kelima variabel yang diteliti mempunyai pengaruh secara bersama-sama terhadap harga saham. Sedangkan secara parsial hanya variabel DPR saja yang berpengaruh terhadap harga saham. Dengan demikian dari kedua hipotesis dalam penelitian ini, hanya hipotesis pertama yang kebenaranya dapat dibuktikan.
Berdasarkan kesimpulan di atas, peneliti dapat mengimplikasikan bahwa investor dalam menanamkan modalnya dan ingin memperoleh keuntungan yang tinggi sebaiknya mempertimbangkan faktor lain yang mempengaruhi harga saham.

 

Keyword : Harga Saham, Faktor Fundamental

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/196/jiptummpp-gdl-s1-2007-fitriallis-9754-Pendahul-n.pdf

Keywords


Harga Saham; Faktor Fundamental