ANALISIS RASIO KEUANGAN SEBAGAI ALAT UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN RITEL PT.MATAHARI PUTRA PRIMA Tbk.

SUSI DWI RAHMAWATI

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian komparatif pada perusahaan Ritel yang terdaftar di BEJ dengan judul ?Analisis Rasio Keuangan Sebagai Alat Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Ritel PT.Matahari Putra Prima Tbk, selama tiga periode.
Tujuan analisis yang digunakan untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan PT.Matahari Putra Prima Tbk, dengan menggunakan metode analisis data Likuiditas, Profitabilitas, Aktivitas, Solvabilitas dan Pasar serta mencari nilai rata-rata Industri perusahaan ritel.
Dari hasil penelitian selama tiga periode, maka dapat diketahui kinerja PT.Matahari Putra Prima Tbk, dari tahun 2003-2005 kurang baik, jika ditinjau dari rasio likuiditas karena perusahaan kurang efektif dalam memanfaatkan aktiva lancarnya. Rasio profitabilitas juga menunjukkan angka yang kurang, karena nilai yang dihasilkan masih dibawah rata-rata industri. Demilian juga pada pada tiga rasio yang lain.
Dari kesimpulan diatas penulis dapat mengimplikasikan bahwa perusahaan hendaknya meningkatkan kinerja keuangan secara menyeluruh karena dari beberapa perhitungan rasio yang dihasilkan masih ditemukan angka angka yang mengalami kemunduran, perusahaan hendaknya memepertahankan prestasi kinerja keuangan yang sudah menunjukkan hasil yang baik.

 

Keyword : Kinerja keuangan

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/196/jiptummpp-gdl-s1-2007-susidwirah-9756-1.+PENDA-N.pdf


Keywords


Kinerja keuangan