Department of Accounting, 2007

Font Size:  Small  Medium  Large   Print Page

Analisis Hubungan Profitabilitas Dengan Rentabilitas Pada Primer Koperasi Rindam V / Brawijaya Malang

Fatma Novitasari

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada Koperasi Rindam V / Brawijaya Malang dengan judul ?Analisis Hubungan Profitabilitas Dengan Rentabilitas Pada Primer koperasi Rindam V / Brawijaya Malang?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis rasio profitabilitas dan rentabilitas serta untuk mengetahui korelasi diantara keduanya.
Alat analisis yang digunakan oleh penulis adalah rasio keuangan serta trend. Analisis hubungan diantaranya diukur dengan korelasi menggunakan perhitungan SPSS.
Dalam penelitian ini penulis mengambil satu hipotesis bahwa profitabilitas memiliki hubungan yang signifikan dengan rentabilitas.
Dari analisis rasio yang dilakukan, profitabilitas dan rentabilitas mengalami perkembangan yang berfluktuati dari tahun 2001 sampai dengan tahun 2005. Profitabilitas secara umum mengalami peningkatan terutama pada Operating Profit Margin. Nilai dari Net Profit Margin yang berfluktuatif cukup baik yang berarti kinerja koperasi dalam menghasilkan laba bersih juga baik. Hal ini juga dapat dilihat dari grafik trend yang berfluktuatif dan cenderung meningkat. Begitupula untuk rentabilitas ekonomi, namun kemampuan koperasi dalam menghasilkan keuntungan menggunakan modal sendirinya kurang baik. Hasil dari uji korelasi yakni terdapat hubungan yang kuat dan signifikan diantara keduanya. Nilai dari korelasi antara rasio profitabilitas dengan rasio rentabilitas mendekati 1 dengan taraf signifikansi dibawah 0,05%.
Berdasarkan analisis yang penulis lakukan terbukti bahwa profitabilitas memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap rentabilitas. Dengan demikian hipotesis ini terbukti.
Berdasarkan kesimpulan tersebut, penulis memberikan saran bahwa sebaiknya koperasi melakukan analisa tehadap rasio profitabilitas dan rentabilitas serta analisa terhadap tingkat pertumbuhannya. Koperasi juga perlu melakukan efektifitas pendapatan, efisiensi biaya serta peningkatan terhadap modal.

 

Keyword : Profitabiltas, Rentabilitas dan Koperasi

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/196/jiptummpp-gdl-s1-2007-fatmanovit-9763-1.+PENDA-N.pdf



Abstract: PDF , PS , DOC