PENGUKURAN KINERJA PADA SUB DINAS PEKERJAAN UMUM PENGAIRAN BALAI PSA WILAYAH SUNGAI BENGAWAN SOLO DI BOJONEGORO DITINJAU DARI PERSPEKTIF VALUE FOR MONEY ANALYSIS

MAYANG RENGGANI

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus yang bersifat deskriptif pada Sub Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Balai PSA di Bojonegoro dengan judul ?Pengukuran Kinerja Pada Sub Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Balai PSA Wilayah Sungai Bengawan Solo di Bojonegoro Ditinjau Dari Prespektif Value For Money Analysis?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja pada Sub Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Balai PSA Wilayah Sungai Bengawan Solo di Bojonegoro sudah cukup ekonomis, cukup efisien dan cukup efefktif.
Alat analisis yng digunakan untuk menganalisis adalah dengan menggunakan metode value for money analysis yang meliputi tingkat ekonomi, tingkat efisiensi, tingkat efektivitas dan rasio pertumbuhan.
Hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja pada Sub Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Balai PSA Wilayah Sungai Bengawan Solo di Bojonegoro sudah bisa dikatakan ekonomis, efisien dan efektif. Hal ini menunjukkan dengan pertama tingkat ekonomi yang diperoleh sebesar kurang dari seratus persen, yaitu dengan rata-rata nilai 99,9 %. Kedua, tingkat efisien yang diperoleh kurang dari seratus persen dengan nilai 99 % pada tahun 2004 dan 99,8 % pada tahun 2005.
Ketiga tingkat efektivitas yang diperoleh sebesar 1 (satu) atau 100 %. Keempat rasio pertumbuhan pendapatan dan belanja rutin menunjukkan hasil yang berkebalikan. Disatu sisi pendapatan mengalami peningkatan yang semula 8 % pada tahun 2004 menjadi 129 % pada tahun 2005. Sementara disisi lain juga diimbangi dengan kenaikan biaya yang semula 11 % pada tahun 2004 menjadi 127 % pada tahun 2005. Hal ini disebabkan banyaknya kegiatan pada tahun 2005 yang sebagian dilakukan oleh pihak intern dan sebagian oleh pihak ekstern.

 

Keyword : value for money analysis

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/196/jiptummpp-gdl-s1-2007-mayangreng-9773-1.+PENDA-N.pdf


Keywords


value for money analysis