AKUNTANSI PERTANGGUNG JAWABAN SEBAGAI SALAH SATU ALAT PENILAIAN PRESTASI KERJA MANAJER PRODUKSI PADA PERUSAHAAAN GARAM ? BUDIONO ? PAMEKASAN

Eko Supriyadi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana akuntansi pertanggungjawaban berperan sebagai alat pengendalian yang efektif dan juga sebagai alat pemotifasi yang sesuai dengan kondisi yang ada pada Perusahaan Garam Budiono Pamekasan.
Alat analisis yang digunakan penulis adalah analisis atas penerapan system akuntansi pertanggufgjawaban dimana untuk mengetahui bahwa penyimpulan dan pelaporan biaya serta penghasilan dilakukan sesuai bidang pusat pertanggungjawaban dalam organisasi dengan tujuan agar dapat ditunjuk orang atau sekelompok orang yang bertanggungjawab atas penyimpangan ? penyimpangan yang terjadi dan biaya yang sudah dianggarkan .
Hasil penelitian yang penulis lakukan adalah dengan diterapkannya sistem akuntansi pertanggungjawaban pada perusahaan akan dapat memotivasi dan menumbuhkan rasa tanggungjawab dari para manajer atau para staf yang ada untuk bekerja agar lebih baik lagi karena mempunyai rasa untuk memiliki perusahaan sehingga timbul rasa tanggungjawab yang lebih terhadap perusahaan. Dari analisis yang penulis buat atas penerapan sistem akuntansi pertanggungjawaban pada Perusahaan Garam Budiono Pamekasan telah menunjukkan adanya pemisahan fungsi ? fungsi secara jelas sehinnga batas wewenang dan tanggungjawaban diantara unit ? unit organisasi. Prosedur penyusunan anggaran pada Perusahaan Garam Budiono Pamekasan belum mengikut sertakan dalam penyusunan anggaran. Klarifikasi biaya dan kode rekening untuk Perusahaan Garam Budiono Pamekasan hendaknya memisahkan biaya terkendali dengan biaya tak terkendali.
Dari hasil analisis tersebut, pusat- pusat pertanggungjawaban telah dibagi dan sudah menerapkan sistem akuntansi pertanggungjawan akan tetapi masih belum sempurna
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis mengimplikasikan bahwa untuk menerapkan sistem akuntansi pertanggungjawaban, syarat ? syarat penerapan sistem akuntansi pertanggungjawaban harus dipenuhi oleh perusahaan, sehingga perencanaan, pengawasan, dan pengendalian biaya dapat dilakukan secara mudah dan cepat.

 

Keyword : Prestasi kerja, pertanggungjawaban

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/196/jiptummpp-gdl-s1-2007-ekosupriya-9780-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Prestasi kerja; pertanggungjawaban