Department of Tarbiyah, 2004

Font Size:  Small  Medium  Large   Print Page

PERANAN SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL ISLAM DESA RAGANG KECAMATAN WARU KABUPATEN PAMEKASAN MADURA

Hafiluddin .

Abstract


Penelitian ini memfokuskan pembahasan pada supervisi pendidikan yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Desa Ragang Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan. Supervisi yang dimaksud adalah pengawasan terhadap guru-guru di Madrasah tersebut, sehingga tenaga pengajar yang ada mampu untuk melakukan usaha-usaha yang dapat meningkatkan mutu pengajaran dan berpusat pada situasi belajar mengajar.

Kekuatan supervisi yang sebenarnya, memberikan banyak segi positif bagi pelaksanaan pendidikan. Oleh karena itu, apabila supervisi telah berjalan sesuai dengan teori yang berlaku, maka akan menghasilkan pendidikan yang berkualitas. Maka dari itu, penulis melakukan penelitian pada permasalahan tersebut, bahwa apakah supervisi yang dilaksanakan pada Madrasah tersebut telah benar-benar menyentuh aspek pengajaran, sehingga menumbuhkan kualitas pengajaran yang bagus ?.

Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam.
Ada beberapa metode pengumpulan data yang dilakukan untuk memperoleh hasil yang obyektif, yaitu metode wawancara dan metode quistioner. Wawancara dilakukan terhadap Kepala Sekolah dan para guru. Sedangkan questioner diberikan kepada para siswa, yang berisikan pertanyaan seputar keadaan guru-guru pengajar bidang keagamaan. Dari hasil quistioner ini, ditemukan pandangan siswa terhadap guru-guru dan Kepala Sekolah mereka.

Adapun wawancara yang dilakukan untuk Kepala Sekolah berisi tentang pelaksanaan tugas yang harus dijalaninya. Dan untuk para guru, ditanyakan tentang pelaksanaan tugas Kepala Sekolah. Dari semua metode pengumpulan data tersebut, dapat diketahui keefektifitasan supervisi yang telah dijalankan. Dari penelitian yang penulis lakukan, diketahui bahwa Kepala Sekolah di Madrasah tersebut telah menjalankan fungsinya sebagai supervisor. Guru-guru di Madrasah tersebut merasa terbantu dengan fungsi Kepala Sekolah. Sehingga, ketika dilakukan penilaian terhadap guru-guru PAI, diketahui dari jawaban-jawaban yang diberikan para siswa, bahwa guru bidang studi keagamaan benar-benar dapat memberikan pengetahuan yang dapat diterima oleh semua siswa dan mereka tidak merasa kesulitan dalam memahami materi-materi yang diajarkan. Dengan begitu dapat disimpulkan, bahwa pelaksanaan supervisi di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam berjalan secara efektif dan efesien.

 

Keyword : Supervisi,Kualitas Pendidikan

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/1/jiptummpp-gdl-s1-2004-hafiluddin-46-Pendahul-n.PDF



Abstract: PDF , PS , DOC