Department of Tarbiyah, 2003

Font Size:  Small  Medium  Large   Print Page

PERANAN REMAJA MASJID DALAM MENGANTISIPASI BUDAYA ASING (Studi Kasus Pada Remaja Masjid Al-Falah Tlogowaru Malang)

ALI MUBAROK

Abstract


Penelitian ini mengkaji sekelompok remaja yang disebut sebagai remaja masjid, dimana mereka berupaya untuk berperan sebagai suatu organisasi yang dapat mengantisipasi budaya asing yang pada umumnya bertentangan dengan ajaran Islam. Sehubungan dengan permasalahan tersebut dalam skripsi ini penulis mengemas permasalahan tersebut dalam suatu rumusan masalah :
1.Bagaimana bentuk-bantuk kegiatan remaja masjid Al-Falah Tlogowaru Malang dalam upaya mengantisipasi pengaruh budaya asing;
2.Apakah peran yang dimainkan remaja masjid Al-Falah Tlogowaru Malang dalam perubahan sosial masyarakat akibat dari pengaruh budaya asing;
3.Rintangan apakah yang dihadapi oleh remaja masjid Al-Falah Tlogowaru Malang dalam menjalankan kegiatan-kegiatannya.
Sedangkan Mengenai tujuan yang ingin dicapai dari penulisan skripsi ini adalah:
1.Untuk mendiskripsikan bentuk-bentuk kegiatan remaja masjid Al-Falah Tlogowaru Malang dalam mengantisipasi budaya asing.
2.Untuk mendiskripsikan peran yang dimainkan remaja masjid Al-Falah Tlogowaru Malang dalam perubahan sosial masyarakat akibat dari pengaruh budaya asing.
3.Untuk mendiskripsikan rintangan yang dihadapi oleh remaja masjid Al-Falah Tlogowaru Malang dalam menjalankan kegiatan-kegiatannya.
Untuk mencapai tujuan tersebut metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kasus, dimana pendekatan ini tertuju pada suatu permasalahan dari suatu unit yang ditelaah, yang penelaahannya dilakukan secara intensif, mendalam, rinci dan tuntas.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang merupakan studi kasus pada remaja masjid Al-Falah Tlogowaru Malang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara secara mendalam. Sumber data penulis peroleh dari sumber data primer, yaitu informan yang terdiri dari pengurus remaja masjid dan jama?ah masjid. Sumber data sekunder, yaitu sumber yang dikutip dari sumber lain seperti masyarakat Tlogowaru Malang, buku literatur yang berkaitan dengan pembahasan ini.Dari hasil penelitian dapat diketahui bentuk-bentuk kegiatan remaja masjid Al-Falah Tlogowaru Malang dalam upaya mengatisipasi budaya asing, sehingga dari situ dapat dilihat bahwa remaja masjid Al-Falah berperan besar dam mengatisipasi budaya asing, meskipun dalam pelaksanaan kegiatannya menghadapi beberapa rintangan.Pada akhir penulisan skripsi ini ada beberapa saran yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan khususnya bagi remaja masjid Al-Falah agar lebih efektif dalam melaksanakan aktivitasnya, dengan demikian keberadaan remaja masjid Al-Falah dapat lebih diterima secara terbuka oleh semua lapisan masyarakat

Keyword : Remaja Masjid, Budaya Asing

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/56/jiptummpp-gdl-s1-2005-alimubarok-2755-Pendahul-n.pdf



Abstract: PDF , PS , DOC