Department of Tarbiyah, 2003

Font Size:  Small  Medium  Large   Print Page

KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH(Studi di Madrasah Aliyah Muhammadiyah I Malang)

Anis Marianti

Abstract


ABSTRAK

Kepemimpinan merupakan faktor penting dalam sebuah lembaga atau organisasi terlebih institusi pendidikan. Perilaku pemimpin dalam memberikan pengaruh, menjadi sangat penting untuk menggerakkan organisasi yang dipimpin. Perilaku tersebut berhubungan dengan gaya kepemimpinannya. Bagaimana seorang pemimpin bertindak dan membuat keputusan terhadap persoalan penting yang terjadi dilembaga, menentukan kualitas dan efektifitas kepemimpinan. Sehingga kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu kepemimpinan yang cukup berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas mutu pendidikan yang ada.
Banyak masalah kepemimpinan yang menjadi bahan pengkajian dan penelitian diberbagai bidang ilmu sosial. Di sini, dibahas tentang gaya kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah Muhammadiyah I Malang dan efektifitas dalam gaya kepemimpinan. Gaya adalah pengaruh yang diberikan seorang pemimpin kepada bawahan dalam menggerakkan, membimbing, mengatur dan melaksanakan usaha-usaha yang telah ditetapkan. Hal ini menyangkut perilaku yang khas dalam bertindak dan proses pengambilan keputusan. Dan efektifitas dalam gaya kepemimpinan yaitu kombinasi antara rencana yang disusun dengan hasil yang diperolah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan format studi kasus. Untuk menemukan gaya dan efektifitas kepemimpinan kepala MA Muhammadiyah I, maka dilakukan penelitian dengan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Data yang didapat dianalisa dengan menggunakan analisa diskriptif kualitatif. Sehingga penyajiannya dalam bentuk interpretasi dan penggambaran langsung dari peneliti yang berupa penjelasan dari pemahaman terhadap obyek penelitian.
Dari penelitian yang dilakukan, ditemukan gaya demokratis partisipatif. Demokratis dengan maksud bahwa ada pengaruh dari luar terhadap tindakan dan keputusan yang diambil serta pendapat bawahan merupakan prioritas utama dalam pengambilan keputusan. Sedangkan partisipatif merupakan keterlibatan langsung diri pimpinan terhadap usaha-usaha pengembangan dan perbaikan mutu. Sedangkan untuk menunjukkan efektifitas dalam gaya kepemimpinan, maka dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan yang dijalankan cukup efektif, dengan melihat proses yang telah dijalankan dengan kondisi yang ada.
Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa lembaga yang memiliki mutu yang baik, karena terdapat kepemimpinan yang baik dan efektif dalam meraih mutu. Sehingga diharapkan pemimpin-pemimpin yang memiliki visi, misi dan tingkat kinerja yang tinggi dapat memegang peran kepemimpinan di sekolah atau madrasah.

Keyword : KEPEMIMPINAN, KEPALA MADRASAH

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/56/jiptummpp-gdl-s1-2005-anismarian-2761-Pendahul-n.pdf



Abstract: PDF , PS , DOC