Department of Syariah, 2005

Font Size:  Small  Medium  Large   Print Page

STUDI KONSEP MASHLAHAH MENURUT YUSUF QARDHAWI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENEGAKAN SYARIAT ISLAM DI INDONESIA

MUHAMMAD SUBHAN

Abstract


Perdebatan seputar syariat Islam akan selalu menjadi topik perbincangan yang menarik. Hal itu dilatari oleh pandangan yang demikian beragam terhadap syariat Islam. Sebagian kalangan menganggap bahwa syariat Islam harus menjadi landasan konstitusional bagi terbentuknya daulah Islam, sementara sebagian yang lain menilai bahwa yang perlu ditekankan dari syariat Islam yaitu prinsip-prinsip dasar dan tujuan-tujuan syariat, bukan aspek formalnya. Pada gilirannya, berbagai model pandangan yang lahir mempengaruhi praksis penegakan syariat Islam.
Di tengah ramainya perdebatan tersebut, para pemikir Islam kontemporer selalu mencari upaya-upaya kritis agar syariat Islam dapat menjadi pedoman utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tentu saja tidak mudah untuk menemukan rumusan yang tepat bagi penegakan syariat Islam di tengah era yang semakin kompleks dan mengglobal ini. Hal itu lantaran penegakan syariat Islam merupakan proses pergulatan panjang antara nilai-nilai ideal Islam yang sudah sempurna dengan realitas kehidupan masyarakat yang banyak berhadapan dengan beragam kezaliman.
Sehubungan dengan permasalahan di atas, maka dalam penulisan skripsi ini, penulis ingin mengkaji konsep maslahah Yusuf Qardhawi, yang selanjutnya direlevansikan dengan realitas penegakan syariat Islam yang terjadi di Indonesia. Masalah dalam penelitian ini dibatasi hanya pada konsep maslahah yang digali melalui gagasan Yusuf Qardhawi dan relevansinya dengan penegakan syariat Islam di Indonesia. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dari penulisan skripsi ini yaitu: pertama, untuk mengetahui konsep maslahah menurut Yusuf Qardhawi; dan kedua, untuk melakukan evaluasi terhadap penegakan syariat Islam di Indonesia berdasarkan perspektif konsep maslahah Yusuf Qardhawi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan atau library research, yaitu dengan melakukan pembacaan kritis dan mendalam terhadap literatur, buku-buku, majalah, surat kabar, serta karya-karya dari para sarjana atau laporan hasil penelitian, sepanjang semua bahan pustaka itu relevan dengan masalah yang diangkat. Sumber data yang bersifat primer penulis dapat dari buku-buku yang ditulis langsung oleh Yusuf Qardhawi yang sesuai dengan pokok bahasan. Sedangkan sumber sekunder, yaitu buku-buku, jurnal, majalah, karya ilmiah, surat kabar, dan pendapat para ahli yang sesuai dengan pokok bahasan. Teknik analisa data yang digunakan yaitu content analysis, yaitu analisis yang mendalam terhadap isi literatur, sehingga dapat sesuai dan mencapai tujuan analisis yang dimaksud.
Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa konsep maslahah Yusuf Qardhawi berasal dari gagasan fiqih beliau yang pada dasarnya bertujuan bagi tegaknya syariat Islam. Tiga gagasan fiqih Qardhawi yang paling dominan mempengaruhi konsep maslahah belau yaitu, Fiqh al-Maq?shid, Fiqh al-Awlawiyy?t, dan Fiqh al-Muw?zanah. Tiga gagasan fiqih itulah yang menjadi paradigma bagi Qardhawi dalam merespon persoalan konseptual maupun praktis yang dihadapi umat Islam.
Dalam konteks Indonesia, bila direlevansikan dengan konsep maslahah Qardhawi, pada dasarnya negara ini telah melakukan proses penegakan syariat Islam, sekalipun secara formal tidak sampai pada tahap yang tertinggi, yaitu penggunaan Islam sebagai dasar negara dan sistem pemerintahan. Hal itu dapat dilihat dari telah diterbitkannya tujuh buah kategori peraturan perundang-undangan yang mengakomodasi materi hukum Islam di dalamnya, yang di antaranya yaitu UU Peradilan Islam dan Kompilasi Hukum Islam (KHI). Namun, berkaitan dengan penggunaan Islam sebagai dasar negara dan sistem pemerintahan, Indonesia belum dapat melakukannya. Menurut Qardhawi, bagi daulah yang tidak menjadikan Islam sebagai dasar negara, diupayakan agar umat Islam dapat menjaga agar kehidupan mereka secara substansial dapat sesuai dengan tujuan-tujuan syariat.

Keyword : Syariat Islam

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/100/jiptummpp-gdl-s1-2005-muhammadsu-4972-PENDAHUL-N.pdf



Abstract: PDF , PS , DOC