MAKNA KEGIATAN FILANTROPI PERUSAHAAN BAGI MASYARAKAT SEKITAR (Studi pada Kegiatan Filantropi CV. Jatinom Indah pada Masyarakat Desa Jatinom Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar)

ARIFAH ALMAWATI

Abstract


Kegiatan filantropi yang banyak dilakukan oleh perusahaan swasta, umumnya dalam empat bidang utama, yakni: pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, dan pengembangan UKM. Salah satunya yaitu CV. Jatinom Indah. CV. Jatinom Indah merupakan perusahaan keluarga yang bergerak di bidang peternakan. Perkembangan perusahaan tidak lepas dari peran serta masyarakat sekitarnya sehingga CV. Jatinom Indah peduli dengan masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi perusahaan. Kepedulian ini diwujudkan dengan pemberian bantuan sosial kepada masyarakat sekitar. Dengan berbagai bantuan yang diberikan oleh perusahan tentu saja dalam masyarakat muncul berbagai reaksi. Salah satunya adalah muncul pendapat dengan pemberian ini secara tidak langsung dapat meringankan sedikit beban masyarakat. Selain itu dengan adanya perusahaan ini juga dapat menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat sehingga pengangguran juga sedikit berkurang. Oleh karena itu sangat menarik sekali untuk dikaji mengenai makna kegiatan filantropi CV. Jatinom Indah bagi masyarakat sekitar.
Kegiatan filantropi perusahaan diartikan dengan derma perusahaan untuk kemanusiaan baik di bidang social, ekonomi maupun di bidang pendidikan tanpa mengharapkan suatu imbalan dari yang telah diberikan. Masyarakat sekitar diartikan dengan masyarakat yang tinggal di sekitar CV. Jatinom Indah, yaitu masyarakat Desa Jatinom Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksionisme simbolik Blumer dengan 3 gagasannya mengenai makna antara lain: Manusia bertindak terhadap sesuatu berdasarkan makna-makna yang ada pada sesuatu itu bagi mereka. Makna tersebut berasal dari ?interaksi sosial seseorang dengan orang lain?. Makna-makna tersebut disempurnakan di saat proses interaksi-sosial berlangsung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini, yang menjadi subjek penelitian adalah masyarakat desa Jatinom yang tinggal di sekitar CV. Jatinom Indah selama kurang lebih 10 tahun, ikut membantu dalam penyaluran bantuan yang diberikan oleh CV. Jatinom Indah, serta yang mendapatkan bantuan dari CV. Jatinom Indah. Analisa data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Banyak sekali kegiatan filantropi yang dilaksanakan oleh CV. Jatinom Indah bagi masyarakat sekitar. Diantaranya pengaspalan jalan, perbaikan jembatan, pembangunan rumah sederhana, bantuan pendidikan, posyandu, pemberian THR dan kemitraan dalam bidang ekonomi. Semua kegiatan filantropi tersebut dimaknai oleh masyarakat sekitar dan masyarakat bertindak atas makna yang didasarkan atas kegiatan filantropi tersebut.

 

Keyword : Makna, Kegiatan Filantropi


Keywords


Makna; Kegiatan Filantropi; UMM