DAMPAK PEMBANGUNAN TAMAN UDAYANA MATARAM TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT ( Studi: Pada Masyarakat Kelurahan Karang Baru, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram yang Menjadi Pedagang Kaki Lima di Taman Udayana )

MOURRIS SAGARA

Abstract


Pembangunan Taman Udayana adalah merupakan ide dari Pemerintah Kota Mataram dimana areal ini pada awalnya hanya dipenuhi persawahan dan pepohonan disisi kanan dan kiri sepanjang jalan Udayana. Adanya pembangunan Taman Udayana sebagai Taman Kota mempunyai dampak yang sangat signifikan terhadap masyarakat Kelurahan Karang Baru khususnya dalam pekerjaan. Sejak adanya Taman Udayana cukup banyak masyarakat yang beralih menjadi pedagang Taman Udayana. Pembangunan Taman Udayana membawa dampak yang cukup besar dalam kehidupan bermasyarakat yaitu dampak secara sosial dan secara ekonomi.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriftip adapun lokasi penelitianya yakni Kelurahan Karang Baru Mataram sumber data yakni primer dan sekunder. Adapun teknik analisa data yang digunakan Reduksi data, merupakan seleksi data lapang, sehingga data yang diperoleh sesuai dengan substansi penelitian. Display Data, merupakan penyederhanaan yang kompleks kedalam narasi yang pendek sesuai dengan kriteria dan klasifikasi data berdasarkan rumusan masalah, sehingga cepat dipahami maknanya tanpa harus membuka seluruh data yang ada dilapangan. Analisa Data, yang mempunyai tujuan untuk mengetahui keberhasilan atau kegagalan usaha.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni teorinya sistem dari Nikhlas Luhmann dimana dalam pandanganya sebuah sistem tidak sesederhana lingkunganya meski sistem tidak sekomplek lingkunganya tapi sistem tetap mengembangkan subsitem-subsistem yang baru. Sedangkan dalam pandangan Talcott Parsons berusaha untuk, menunjukan (1) bahwa sistem itu hidup dalam dan dan bereaksi terhadap lingkungan, dan (2) sistem itu ?mempertahankan kelangsungan pola organisasi serta fungsi-fungsi yang keduanya berbeda dari lingkungan, dan dalam beberapa hal lebih stabil ketimbang lingkungannya?. Dia menekankan bahwa sistem yang hidup itu adalah sistem terbuka:; yaitu mengalami saling-pertukaran dengan lingkungannya.
Pembangunan Taman Udayana memang membawa suatu dampak yang sangat besar dalam kehidupan sosial masyarakat, dimana terjadi sebelum dan sesudah adanya Taman Udayana ada perubahan yang terjadi dalam masyarakat. Sebelum adanya Taman Udayana sistem sosial yang terjadi dalam masyarakat sangat erat sekali, ini bisa dilihat bahwa banyaknya kegiatan masyarakat yang bisa diikuti oleh masyarakat yang beralih menjadi pedagang tapi setelah adanya Taman Udayana masyarakat sudah sangat jarang dapat mengikuti berbagai kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat.
Sedangkan secara ekonomi sebelum adanya Taman Udayana masyarkat Kelurahan Karang Baru sangat sulit memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, karena jumlah pendapatan yang mereka dapatkan sangat minim sekali. Namun, setelah adanya Taman Udayana masyarakat Kelurahan Karang Baru dapat memenuhi kebutuhannya sehari-hari bahkan mereka dapat menyekolahkan anak-anak mereka.

 

Keyword : Dampak Pembangunan, Dampak Sosial, Dampak Ekonomi


Keywords


Dampak Pembangunan; Dampak Sosial; Dampak Ekonomi; UMM