PROSES SOSIALISASI DALAM KELUARGA BURUH PEREMPUAN (Study Pada Keluarga Buruh Perempuan di Desa Bedahan, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan)

Raudatul Afifah

Abstract


Individu didalam sebuah keluarga pasti mengalami sosialisasi Tanpa adanya sosialisasi masyarakat tidak dapat bertahan lebih dari satu generasi. Dalam proses sosialisasi itu individu mempelajari kebiasaan, sikap, ide-ide, pola-pola nilai dan tingkah laku dalam masyarakat dimana Ia hidup semua sikap dan kecakapan yang dipelajari dalam proses sosialisasi itu disusun dan dikembangkan sebagai suatu kesatuan sistem dalam diri pribadinya.Sosialisasi adalah proses melalui mana manusia mempelajari tata cara kehidupan dalam masyarakatnya untuk memperoleh kepribadian dan membangun kapasitas untuk berfungsi sebagai individu maupun sebagai anggota kelompok.Sosialisasi adalah sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat.
Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana Proses sosialisasi dalam keluarga buruh perempuan yang bekerja di CV.Wala di Desa Bedahan, Kecamatan Babat, kabupaten Lamongan.Yang bertujuan untuk menemukan, mengembangkan atau menguji suatu pengetahuan yang telah diteliti. Demikian pula pada penulisan laporan penelitian ini mempunyai tujuan antara lain :Ingin mendeskripsikan proses sosialisasi yang terjadi pada keluarga buruh perempuan yang bekerja di CV.Wala meliputi Tahap-tahap Sosialisasi yaitu Sosialisasi Primer dan tahapannya terdiri dari 1).Tahap persiapan (Preparatory Stage) 2). Tahap meniru (Play Stage) 3). Tahap siap bertindak (Game Stage) 4).Tahap penerimaan norma kolektif (Generalized Stage)
Desa Bedahan merupakan salah satu Desa yang berada di Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan, Desa Bedahan merupakan desa yang letaknya pada jalur Raya Propinsi sudah barang tentu keadaan penduduknya beraneka ragam baik dalam segi tingkat pendidikan, pekerjaan maupun tingkat sosial ekonominya dan di Desa ini ada sebuah pabrik yang memeperkerjakan buruh perempuan yang menjadi subyek penelitian ini..
Proses Sosialisasi dalam Keluarga Buruh Perempuan yakni Setiap individu pasti mengalami sosialisasi yaitu sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat. Sosialisasi primer yakni Sosialisasi yang terjadi pada keluarga buruh perempuan yang bekerja di CV.Wala ini adalah proses seorang anak mempelajari kebiasaan, sikap, ide, pola nilai dan prilaku dalam keluarga mengenai proses sosialisasi dalam keluarga. Dalam sosialisasi ini seorang anak dimulai saat buruh perempuan tidak dalam keadaan bekerja yakni ketika berada di rumah mendampingi anak. Setelah anak melakukan tahap sosialisasi primer yang mencetak anak pada kehidupan masyarakatnya maka anak akan mempunyai Self (Diri) yakni pengakuan masyarakat tentang siapa dia dan bagaimana dia dalam kehidupan masyarakat. sedangkan Self (Diri) menurut Mead di peroleh dari beberapa tahapan yakni: 1). Tahap Persiapan (Preparatori Stage). 2). Tahap meniru (Play Stage). 3).Tahap siap bertindak (Game Stage). 4).Tahap Penerimaan Norma kolektif ( Generalized Stage).

 

Keyword : Sosialisasi, buruh Perempuan

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/315/jiptummpp-gdl-s1-2009-raudatulaf-15702-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Sosialisasi; buruh Perempuan; UMM