GAYA HIDUP KOMUNITAS PUNK DI KOTA MALANG

MIYAH CHOIRIYAH

Abstract


Gerakan anak muda yang diawali oleh anak-anak kelas pekerja ini dengan merambah. America yang mengalami masalah ekonomi dan keuangan yang dipicu oleh kemerosotan moral oleh para tokoh politik yang memicu tingkat pengangguran dan kriminalitas yang tinggi. Gerakan yang berasal dari negara-negara yang memiliki kebijakan-kebijakan demokrasi palsu kapitalis. Kapitalis berhubungan dengan model-model teritorial yang mengasumsikan tiap-tiap manusia mencoba untuk memaksimalkan keuntungan individu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Gaya Hidup Komunitas Punk yang ada di wilayah Kota Malang. Apakah kegiatan mereka mengarah pada kegiatan yang positif ataukah mengarah pada kegiatan yang negatif.
Penelitian ini ditujukan kepada segenap warga kota Malang, sedangkan obyek penelitian adalah Komunitas Punk yang ada di Kota Malang. Maka hasil penelitian ini didapat kejelasan mengenai Gaya Hidup Komunitas Punk. Jenis kegiatan yang dilakukan, hasil kegiatan yang diperoleh serta faktor-faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat Komunitas Punk dalam menjalankan aktifitasnya.
Pada penelitian ini digunakan jenis penelitian, untuk memperoleh data peneliti memakai metode kualitatif yang menafsirkan, serta menggambarkan keadaan sesuatu dengan kenyataan yang sudah diperoleh, melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis dan mengelola data menggunakan analisis dengan metode komparatif yaitu membandingkan hasil informasi baik dari data primer maupun sekunder.
Pada dasarnya jenis Gaya Hidup yang di ciptakan oleh Komunitas Punk Kota Malang, adalah: bermusik,minum-minuman keras, free Sex, fashion yang meliputi bergaya seperti gembel, body piercing antara lain: tato dan tindik, adapun jenis pekerjaan lainnya adalah mengamen, berdagang dan menjadi tukang parkir.
Sedangkan faktor yang menjadi penghambat adalah banyaknya aturan-aturan yang ada secara tertulis maupun tidak tertulis. Adanya peraturan yang dibuat oleh aparat adanya himbauan dari Dinas Sosial Kota Malang yang sering bertentangan dengan aturan-aturan yang di anut oleh Komunitas Punk.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Gaya Hidup Komunitas Punk Kota Malang. Bukan suatu bentuk perlawanan melainkan sebuah bentuk gaya anak mudah yang akan kalah akan peraturan-peraturan yang dibuat secara resmi oleh pemerintah setempat. dan tidak ragu lagi tidak selamanya mereka akan bergaya ala Punk.

 

Keyword : Gaya Hidup Komunitas Punk

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/315/jiptummpp-gdl-s1-2009-miyahchoir-15706-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Gaya Hidup Komunitas Punk; UMM