PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH PRODUK KARTU SELULER GSM (Studi Pada Siswa SMA Negeri di Kecamatan Klojen Kota Malang)

DIDIK HERMAWAN

Abstract


Berkembangnya dunia telekomunikasi di Indonesia, banyak perusahaan industri jasa telekomunikasi berlomba-lomba memunculkan produk layanan baru dengan mengiklankan produknya serta menurunkan tarif biaya komunikasinya baik media cetak maupun media elektronik. Tujuan ini tidak lain untuk melayani kepuasan konsumen dan menarik konsumen sebanyak-banyaknya terhadap produk yang akan ditawarkan kepada masyarakat. Dalam penelitian ini, peneliti melihat pada perilaku siswa yang cenderung konsumtif dalam penggunaan sarana komunikasi sehari-hari. Penelitian ini lebih difokuskan terhadap proses pengambilan keputusan siswa dalam memilih sebuah produk kartu seluler GSM. Sebagai Kota besar kedua setelah Surabaya, Kota Malang yang telah mengalami kemajuan dalam bidang IPTEK yang berimbas pada perilaku siswa dalam memilih produk kartu. Segmentasi pasar sudah merambah pada pengambilan keputusan konsumen kalangan siswa. Proses pengambilan keputusan tidak terlepas dari adanya peran interaksi sosial dengan orang lain. Maka daripada itu, peneliti tertarik untuk melihat: 1. Mengapa konsumen memilih produk kartu seluler GSM, 2. Bagaimana proses pengambilan keputusan konsumen dalam memilih produk kartu seluler GSM. Adapun tujuan dari penelitian ini yang pertama: untuk mengetahui konsumen memilih produk kartu seluler GSM, kedua: untuk mengetahui proses pengambilan keputusan konsumen dalam memilih produk kartu seluler GSM. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, pengambilan data dengan menggunakan subjek penelitian yang berjumlah 30 subjek dari 5 SMA Negeri di Kecamatan Klojen Kota Malang, dan teknik pengumpulan data adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan menggunakan analisa data yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yakni pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan.
Adapun hasil dari penelitian ini terdapat berbagai hal yakni: Proses pengambilan keputusan konsumen karena individu, proses pengambilan keputusan konsumen individu bagian dari kelompok sosial, dan proses pengambilan keputusan konsumen karena adanya kelompok acuan (reference group). Dalam penelitian ini, individu sebagai konsumen yang akan memilih produk kartu seluler GSM tidak terlepas dari adanya faktor budaya, faktor sosial, serta faktor psikologis: persepsi, motivasi, pembelajaran, dan kepercayaan, serta sikap konsumen dalam proses pengambilan keputusan untuk memilih sebuah produk yang akan dipakainya. Dalam teori pilihan rasional Coleman, adanya kelompok kecil atau komune akan mempengaruhi individu dalam pengambilan keputusan untuk memilih sebuah produk. Pilihan produk yang akan dipilihnya kemudian digunakan untuk dirasionalkan sesuai dengan kebutuhan individu dalam berkomunikasi, apakah produk yang dipilihnya menguntungkan bagi dirinya ataupun sebaliknya.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dari ketiga proses pengambilan keputusan konsumen dalam memilih produk kartu seluler GSM, individu tidak terlepas dari adanya faktor internal seperti: persepsi, motivasi, pembelajaran, kepercayaan, dan sikap, dan faktor eksternal individu seperti: iklan, teman dekat, maupun orang tua.

 

Keyword : Proses, Pengambilan Keputusan

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/315/jiptummpp-gdl-s1-2009-didikherma-15712-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Proses; Pengambilan Keputusan; UMM