PERILAKU KONSUMTIF REMAJA (STUDI PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FISIP UMM ANGKATAN 2007)

AJENG KARTIKA ANGGI HEDI WARDANI

Abstract


Adanya industrialisasi melahirkan masyarakat industri yang tidak lagi menggantungkan hidup pada alam sekelilingnya, tetapi tumbuh menjadi masyarakat modern. Masyarakat ini selalu ingin maju dan berkembang. Kemajuan ini terlihat pada perkembangan suatu teknologi yang sangat modern dan bermunculan suatu bangunan industri dan sarana-sarana yang memanjakan kehidupan manusia seperti: tempat rekreasi, supermarket (mall-mall), ruko-ruko (rumah toko) dan bangunan lainnya. Karena keinginan dari manusia modern adalah untuk selalu mengkonsumsi barang dan jasa yang modern agar tidak ketinggalan jaman.
Perilaku konsumtif masyarakat ini dikarenakan akibat pengaruh dari arus globalisasi ekonomi ataupun industrialisasi yang masuk ke Indonesia. Hal ini ditandai dengan menjamurnya pusat perbelanjaan seperti shooping mall, industri mode, kawasan huni mewah, kegandrungan terhadap merk asing, makanan serba instant (fast food), telepon seluler (HP), dan lain sebagainya.
Pada umumnya remaja yang hidup dikota besar seperti Malang sangat rentan terhadap perilaku konsumtif. Mereka cenderung ingin bebas berekspresi dengan mengikuti gaya hidup ?modern? dan tidak mau kalah saing dalam bergaya dari teman-temannya. Karena itu, remaja selalu ingin tampil gaya dengan membeli produk atau barang-barang yang sebenarnya kurang penting hanya karena gengsi dan untuk mendapat pengakuan dari teman-temannya, mereka hanya ingin mengejar kesenangan sesaat dalam segala bentuk, yang merupakan cerminan dalam upaya memperoleh pengalaman puncak melalui jalan pintas. Individu yang demikian ini mempunyai motif mengejar kesenangannya yang berkaitan erat dengan penentuan kebutuhan-kebutuhan dasar, seperti gengsi, ikut-ikutan dan lain-lain. Berdasarkan acuan diatas maka peneliti tertarik untuk meneliti tentang Perilaku Konsumtif Remaja (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM Angkatan 2007).
Jenis penilitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan subjek adalah dengan snowball sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara sistematik dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan analisa data model interaktif Milles dan Hubberman. Teknik analisa ini memiliki empat alur kegiatan yang terjadi yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan atau verivikasi.
Bentuk perilaku konsumtif remaja terbagi menjadi dua bentuk, yaitu perilaku konsumtif terhadap barang dan perilaku konsumtif terhadap jasa. Perilaku konsumtif terhadap barang terbagi menjadi tiga, yaitu perilaku konsumtif terhadap pakaian dan sepatu, perilaku konsumtif terhadap aksesoris dan perilaku konsumtif terhadap kosmetik. Sedangkan perilaku konsumtif terhadap jasa terbagi menjadi tiga, yakni perilaku konsumtif terhadap salon, perilaku konsumtif terhadap cafe, dan perilaku konsumtif terhadap bioskop. Dalam penelitian ini diketahui bahwa faktor penyebab perilaku konsumtif adalah iklan, lingkungan pergaulan, serta motivasi dari diri sendiri untuk mengkonsumsi barang atau jasa.

 

Keyword : Perilaku Konsumtif, Remaja


Keywords


Perilaku Konsumtif; Remaja; UMM