STRATEGI SEKOLAH ALAM DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN MASYARAKAT (Studi tentang Strategi SMP Alam Banyuwangi Islamic School dalam membangun kepercayaan masyarakat di Kecamatan Genteng - Kabupaten Banyuwangi)

Nova Raras Ningtyas

Abstract


Saat ini dunia pendidikan sangat penting guna menunjang dalam status sosial dan dunia pekerjaan. Namun dalam peliknya ekonomi pada saat ini banyak masyarakat kurang mampu yang tidak bisa menyekolahkan anak-anak mereka. Dari sinilah muncul Sekolah alternative yaitu SMP Alam Banyuwangi Islamic School, dimana sekolah ini memiliki biaya yang terjangkau bagi seluruh kalangan terutama kalangan ekonomi menengah ke bawah. Para siswa hanya dipungut sayuran setiap minggunya. Oleh karena itulah SMP Alam BIS ini biasa disebut dengan ?Sekolah Sayur?. SMP Alam BIS yang telah 4 tahun berdiri ini terhitung mulai dari tahun ajaran 2005/2006 sampai dengan tahun ajaran 2008/2009 tentunya mengalami kesulitan dalam membangun kepercayaan dengan masyarakat sekitar. Mengingat bahwa kuatnya paradigma masyarakat mengenai sekolah yang berkualitas adalah sekolah yang mahal dan Negeri. Dari sini akhirnya SMP Alam BIS menciptakan strategi-strategi khusus dalam membangun kepercayaan dengan masyarakat tersebut.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model penelitian deskripif kualitatif. Adapun beberapa subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah SMP Alam BIS, staf dan guru, para siswa, para alumni, donatur dan wali murid. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah interviu, observasi dan dokumentasi. Untuk tekhnik analisa data maka penulis menggunakan deskriptif kualitatif.
Strategi dalam membangun kepercayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh SMP Alam BIS sangat berperngaruh bagi kelangsungan sekolah tersebut. Apabila strategi tersebut dapat dijalankan dengan lancar maka segala tujuan dari SMP Alam BIS yaitu mengupayakan pendidikan bagi anak-anak yang kurang mampu dapat tercapai. Oleh karena itu diperlukan strategi yang benar-benar bagus. Dalam penelitian ini penulis menggunkan teori Fungsionalisme Struktural milik Talcott Parsoon.
Strategi dari SMP Alam BIS dalam membangun kepercayaan dengan masyarakat terdapat empat hal yaitu yang pertama biaya yang terjangkau, kedua membangun opini masyarakat lewat kualias anak didik, ketiga keberadaan guru-guru yang terdidik, kemudian yang terakhir membangun opini masyarakat lewat interaksi langsung antara SMP Alam BIS dengan masyarakat. Dalam pencapaian kualitas anak didik maka SMP Alam BIS ini memiliki tiga cara yaitu diantaranya adalah adanya sekolah model asrama, kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan adanya target pendidikan yang harus dicapai oleh setiap siswa. Selain itu SMP Alam BIS dalam melakukan interaksi langsung dengan masyarakat dengan menggunakan beberapa cara yaitu mengadakan bakti sosial, membuka tempat kursus, mengadakan lomba bahasa Inggris da publikasi. Dari beberapa strategi tersebut adapun faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaannya. Faktor pendukung tersebut adalah adanya dukungan dari pemerintah sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya dana bagi program-program yang belum terlaksana dan kuatnya paradigma masyarakt tentang sekolah yang berkualitas adalah sekolah yang mahal dan Negeri atau milik Negara.

 

Keyword : STRATEGI, MEMBANGUN KEPERCAYAA

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/317/jiptummpp-gdl-s1-2009-novararasn-15811-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


STRATEGI; MEMBANGUN KEPERCAYAA; UMM