SISTEM USAHA INDUSTRI BUNGA DI DESA SENGONAN KECAMATAN BUMIAJI KOTA BATU. (Study Di Dusun Sengonan Desa Sumber Gondo Kecamatan Bumiaji Kota Batu)

Iswatul Laela

Abstract


Seiring dengan peningkatan pendapatan, pendidikan serta wawasan beberapa kalangan masyarakat Indonesia mulailah berkembang pangsa pasar produk-produk pertanian. Perkembangan pertanian di Indonesia dapat menjadi alternatif pemenuhan kebutuhan pangan di Indonesia dalam jangka panjang. Dengan kondisi negara yang terletak geografis akan sangat mendukung ke dalam sektor pertanian maka banyak masyarakat yang menggantungkan kehidupannya pada sektor pertanian.
Produk-produk pertanian tidak hanya berupa buah-buahan, sayur mayur dan palawija saja. Tren yang berkembang saat ini di banyak desa Sengonan Kecamatan Bumiaji kota Batu adalah pertanian dengan produk berupa bunga hias yang menjadi salah satu alternative masayarakat di tengah sulitnya pertanian buah-buahan dan hasil pangan lainnya. Bunga telah menjadi salah satu bidang pertanian yang mulai digemari oleh sebagian masyarakat dusun Sengonan Kecamatan Bumiaji Kota Batu.
Kehidupan dan tantangan jaman yang makin lama makin menyulitkan kita, maka petani-petani di dusun Sengonan mulai melirik bunga menjadi tumpuan hidupnya, untuk itu banyak di kalangan masyarakat petani yang mulai berpindah menjadi petani bunga, tentu saja hal ini dengan melirik petani-petani bunga lai yang telah terlebih dahulu sukses, dengan melihat kesuksesan itu maka banyak petani-petani yang mulai berpindah menjadi petani bunga dan meninggalkan pertaniannya. Dengan alat yang sangat sederhana dan bisa meningkatkan pendapatan maka bertani bunga sangat digemari oleh masyarakat dusun Sengonan.
Tren budidaya bunga di Indonesia akhirnya melanda di Dusun Sengonan. Upaya-upaya dari Dusun Sengonan Batu untuk manjawab tantangan jaman akan kebutuhan budidaya apel akan ditentukan oleh maraknya budidaya buinga. Dusun Sengonan Batu pada awalnya terkenal akan pertanian apel tetapi pada saat ini industri apel di desa sengonan semakin lemah pangsa pasarnya, hal ini juga diperparah dengan semakin naiknya biaya produksi dalam bertani apel. Salah satu usaha untuk dapat memaksimalkan potensi yang ada pada Dusun Sengonan adalah perlunya adanya peningkatan kesejahteraan baik secara ekonomi maupun sosial dengan cara beralih pada budidaya bunga..
Kondisi Dusun Sengonan masih sangat membutuhkan adanya pengelolaan dari pemerintah seperti masih kurangnya bantuan permodalan produksi dalam pertanian dan pembudidayaan bunga sehingga tidak bisa secara langsung menerima informasi dari dinas pertanian setempat, lemahnya fungsi kelembagaan kelompok tani sehingga informasi belum cepat tersebar di peani dan keluarganya, serta kurangnya modal usaha petani. Semua itu dapat menjadi kendala yang dapat menghambat kemajuan industri pertanian apel di Dusun Sengonan.

 

Keyword : Sistem, industri

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/318/jiptummpp-gdl-s1-2009-iswatullae-15876-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Sistem; industri; UMM