Department of Sociology, 2009

Font Size:  Small  Medium  Large   Print Page

PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG LIMBAH PT. INSAN BONAFIDE (Studi pada Masyarakat RT.13 Kelurahan Plambuan, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan)

Khairun Nada

Abstract


Keberadaan industri dapat memberikan sumbangan besar terhadap perekonomian Indonesia yaitu terciptanya lapangan pekerjaan sehingga dapat mengurangi pengangguran. Selain memberikan keuntungan tapi industri juga menimbulkan dampak negatif seperti pencemaran dari limbah industri. Seperti halnya dengan PT. Insan Bonafide, mengingat industri karet ini menghasilkan limbah dalam bentuk polusi udara dengan bau yang menyengat dan pencemaran air di mana letak industri tersebut tepat berada di dekat sungai. Namun masyarakat yang tinggal berdekatan dengan perusahaan tersebut terlihat seperti adem ayem saja dengan keadaan seperti itu dan mereka tetap bertahan tinggal. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana persepsi dari masyarakat sekitar tentang limbah yang dihasilkan oleh PT. Insan Bonafide.
Berdasarkan latar belakang masalah maka dalam penelitian dirumuskan masalah sebagai berikut: Persepsi apa sajakah yang muncul dari masyarakat tentang limbah PT. Insan Bonafide, Faktor-faktor apa saja yang membuat masyarakat tetap bertahan tinggal di sekitar PT. Insan Bonafide.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi yang muncul dari masyarakat tentang limbah PT. Insan Bonafide, untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang membuat masyarakat untuk tetap bertahan tinggal di sekitar PT. Insan Bonafide.
Jenis penelitian menggunakan model penelitian deskripsi kualitatif. Dimana analisis kualitatif fokusnya pada penunjukkan makna, deskripsi, penjernihan dan penempatan data pada konteksnya masing-masing dan seringkali melukiskannya di dalam kata-kata dari pada di dalam angka.
Lokasi Penelitian di Kelurahan Plambuan tepatnya RT. 13, yang menjadi subjek penelitian adalah warga RT. 13 yang berjumlah 14 orang sesuai kriteria yang ditentukan peneliti. Guna menjawab rumusan masalah yang sudah ditetapkan.Teknik pengumpulan data, observasi langsung, wawancara tidak terstruktur, dokumentasi.
Hasil dari penelitian didapat 3 macam persepsi yaitu persepsi positif dalam makna tidak mengganggu dipengaruhi oleh pengetahun yang dimiliki dan penilaian terhadap keberadaan PT. Insan Bonafide diambil berdasarkan pengalaman serta faktor ekonomi dimana mereka mendapat lapangan kerja dan peluang usaha baru, persepsi negatif dalam makna mengganggu dipengaruhi oleh pengetahuan, dimana informan mengetahui limbah tersebut berbahaya bagi kehidupannya serta dipengaruhi oleh penilaian yang diambil berdasarkan pengalaman yang tidak menyenangkan yaitu merasa kecewa dengan PT. Insan Bonafide, persepsi netral dengan makna biasa-biasa saja dan bersikap pasrah dipengaruhi oleh PT. Insan Bonafide lebih dahulu ada ketimbang mereka (informan). Faktor yang membuat masyarakat untuk tetap bertahan tinggal di sekitar PT. Insan Bonafide karena faktor keterhimpitan ekonomi dan faktor ikatan keluarga yang cukup kuat.



Abstract: PDF , PS , DOC