Department of Sociology, 2007

Font Size:  Small  Medium  Large   Print Page

KONFLIK ANTAR ETNIK MADURA DAN JAWA DALAM MASYARAKAT PERKOTAAN (studi Pada Mahasiswa Muhammadiyah Malang Di kelurahan Landungsari Kecamatan Dau kabupaten Malang)

. ARDANI

Abstract


Jaman sekarang ini Masyarakat sangat modern bahkkan bisa dikatakan sudah maju. Karena budaya dan pendidikan selalu diutamakan oleh mereka. Dengan masuknya dan banyaknya budaya-budaya yang masuk dipulau Jawa maka semakin padat masyarakat yang datang untuk melanjutakan studi dipulau Jawa. Mahasiswa-mahasiswa yang datang dari berbagai daerahpun dari berbagai budaya yang mereka miliki conohnya budaya Madura mereka membawa budaya mereka kepulau Jawa Timur walaunpun Mudura adalah salah satu bagian dari wilayah Jawa timur. Masayarakat perkotaan adalah masyarakat yang hidupnya selalu bersifat homogen serta memmilii sifat individualisme. Mereka hanya mementingkan diri sendiri tanpa mementingkan diri orang lain terkadang konflik terjadi walaupun bisa diselesaikan secara bermusyawah.
Adapun perumusan masalah yang diangkat peneliti adalah bagaimana proses terjadinya konflik antar etnik Madura dan Jawa dalam masyarakat perkotaan. Yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana mahasiswa menyelesaikan konflik yang mereka hadapi yang berbeda etnik Madura dan Jawa dalam persaingan dagang. Teknik penggumpulan data menggunakan obeservasi dan wawancara. Pada penelitian ini peneliti menggunakan kualitatif, sebagai kerangka untuk analisa, maka peneliti didukung oleh teori-teori sosiologi yang melandasi diantranya Lowis Coser dan Dharendorf.
Dari hasil penelitian diperoleh penjelasan bahwa konflik yang ada dikalangan mahasiswa dalam masyarakat perkotaan, banyaknya faktor-faktor yang menyebabkan terjadiya konflik yang ada dimasyarakat perkotaan dan persoalan konnflik yang diteliti mahasiswa dalam persaingan dagang.

 

Keyword : KONFLIK ANTAR ETNIK MADURA DAN JAWA

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/224/jiptummpp-gdl-s1-2007-ardani0024-11165-Pendahul-n.pdf



Abstract: PDF , PS , DOC