POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENGAJARKAN NILAI NURANI (VALUE OF BEING) PADA ANAK PRA SEKOLAH

EVI ZUNAIDAH

Abstract


Pola pengasuhan yang efektif untuk pengembangan kepribadian diri ditandai dengan komunikasi dua arah yaitu antara orang tua dengan anak-anaknya, sehingga orang tua perlu mengajarkan nilai nurani (value of being) pada anak pra sekolah karena dapat menjadi pedoman anak. Nilai nurani adalah nilai yang diawali dari dalam diri anak sendiri, yang artinya melalui nilai yang ada pada diri anak maka anak dapat menentukan sikap dan perilaku yang bagaimana seharusnya anak menunjukkan kepada orang lain.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pola asuh yang dilakukan oleh orang tua dalam mengajarkan nilai nurani (value of being) pada anak pra sekolah. Subyek dalam penelitian ini menggunakan 8 orang adapun subyek yang diambil adalah orang tua yang kedua-duanya berkerja dan hanya satu orang tua saja yang bekerja yang memiliki anak usia 3-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua dalam mengajarkan nilai nurani (value of being) pada anak pra sekolah. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, skala pengasuhan dan observasi untuk mengamati secara langsung pengasuhan orang tua terhadap anak.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa, dalam mengajarkan nilai nurani pada anak pra sekolah ditunjukkan secara demokratis dan tidak adanya perencanaan sebelumnya baik orang tua yang kedua-duanya bekerja dan hanya satu orang tua saja yang bekerja. Pengasuhan secara demokratis ditunjukkan kepada anak dengan adanya peraturan-peraturan, memberikan kesempatan anak untuk berpendapat, serta adanya pemberian pujian/ganjaran terhadap anak.

 

Keyword : Pola Asuh Orang Tua, Nilai Nurani, Anak Pra Sekolah

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/312/jiptummpp-gdl-s1-2009-evizunaida-15576-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Pola Asuh Orang Tua; Nilai Nurani; Anak Pra Sekolah; UMM