HUBUNGAN PERSEPSI TENTANG BAND INDIE DENGAN KEPUTUSAN MEMBELI KASET/CD BAND INDIE

HELMI MULAWARMAN

Abstract


Perkembangan musik di Indonesia saat semakin pesat, bahkan belakangan di Indonesia sedang ramai apa yang dinamakan dengan band-band indie. Pada dasarnya band indie tidak berorientasi pada sebuah komersialitas. Akan tetapi band-band indie berusaha agar musiknya bisa diterima oleh masyarakat, karena persepsi yang positif dari masyarakat/konsumen akan menimbulkan keputusan membeli pada sebuah produk, dalam hal ini adalah kaset/CD band indie itu sendiri.
Penelitian ini adalah penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi tentang band indie dengan keputusan membeli kaset/CD band indie. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, selanjutnya diambil 100 orang sebagai sampel penelitian dengan tekhnik sampling quota yaitu dengan menentukan terlebih dahulu jumlah sampel penelitiannya. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan skala persepsi tentang band indie dan skala keputusan membeli kaset/CD band indie. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah menggunakan korelasi product moment person, yang mana perhitungan analisa data juga dapat menggunakan komputer yaitu program SPSS versi 12,00.
Dari hasil penelitian diketahui koefisien korelasi nilai r = 0,296 & p = 0,003, yang berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi tentang band indie dengan keputusan membeli kaset/CD band indie. Kemudian dari hasil perhitungan koefisien korelasi dterminasi diperoleh 0,087 atau sebesar 8.7 % yang menandakan bahwa sumbangan efektif persepsi tentang band indie sebesar 8,7 % sedangkan sisanya 91,3% disebabkan oleh faktor lain seperti, kelompok sosial, motivasi, kepribadian, dan sikap.

 

Keyword : Persepsi, Keputusan Membeli, Band Indie

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/312/jiptummpp-gdl-s1-2009-helmimulaw-15584-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Persepsi; Keputusan Membeli; Band Indie; UMM