HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI MASA PENSIUN

RIZAHATI RAHMAWARDHANI

Abstract


Masa pensiun merupakan masa dimana seseorang akan mengalami pemutusan hubungan kerja yang dikarenakan faktor usia. Pada masa ini seseorang akan mengalami perubahan secara keseluruhan dalam pola kehidupannya. Perubahan pola kehidupan dapat membuat sebagian orang mengalami kecemasan pada saat menghadapi masa pensiun ini. Disinilah peran kecerdasan emosi dari seseorang yang akan membantu dalam mengurangi kecemasan tersebut, karena pada dasarnya seseorang yang memiliki kecerdasan emosi tinggi akan mampu mengatasi keadaan emosinya serta mampu menghadapi tuntutan dan tekanan lingkungan.
Kecemasan menghadapi pensiun yaitu suatu keadaan atau perasaan tidak senang karena khawatir, gelisah, bingung, panik dan perasaan kurang siap ketika individu akan memasuki masa pensiun dengan ditandai adanya gejala somatis, perilaku, emosi, dan kognitif. Sedangkan kecerdasan emosi adalah kemampuan untuk mengetahui dan memahami perasaan diri sendiri dan orang lain, mampu memotivasi diri sendiri, kemampuan mengatur emosi, bertahan terhadap frustasi dan mampu untuk bekerjasama dengan orang lain.
Penelitian ini adalah penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosi dengan kecemasan menghadapi masa pensiun. Penelitian ini adalah penelitian populasi dengan populasi sebanyak 27 orang karyawan kantor PTP N XII (PERSERO) Wilayah III yang bertempat di kebun NGRANGKAH PAWON dengan responden berusia 52 sampai 55 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan skala kecerdasan emosi dan skala kecemasan menghadapi masa pensiun dan menggunakan analisis korelasi Product Moment dari Karl Pearson..
Dari hasil analisis data dengan bantuan SPSS (Statistic Program for Social Science), maka dapat diketahui koefisien korelasi (r) = -0.598, probabilitas kesalahan (p) = 0.000, p< 0.01 dan koefisien determinan (r2) = 0.358. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara Kecerdasan Emosi dengan Kecemasan Menghadapi Pensiun, yang artinya semakin tinggi kecerdasan emosi maka semakin rendah kecemasan menghadapi masa pensiun. Sebaliknya, semakin rendah kecerdasan emosi maka semakin tinggi kecemasan menghadapi masa pensiun. Dengan demikian hipotesis yang disajikan diterima dengan sumbangan efektif sebesar 35,8%.

 

Keyword : Kecerdasan Emosi, Kecemasan, Masa Pensiun

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/312/jiptummpp-gdl-s1-2009-rizahatira-15585-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Kecerdasan Emosi; Kecemasan; Masa Pensiun; UMM