HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA

. RINIATI

Abstract


Pencapaian prestasi secara maksimal di bidang akademik bagi mahasiswa akan tercapai dan terbentuk apabila memenuhi beberapa aspek, diantaranya: tugas akademik yang baik, memiliki performance pekerjaan yang baik dan memiliki kemampuan untuk mengatasi kecemasan yang dialaminya, dengan demikian prestasi akademik atau prestasi belajar mahasiswa dapat menjadi suatu gambaran dari pengetahuan, keterampilan ataupun sikap yang diperoleh mahasiswa tersebut dalam mengikuti proses belajar mengajar. Kondisi tersebut merupakan aspek pembentuk efikasi diri akademik dalam diri mahasiswa yang dapat menentukan pencapaian prestasi belajar mereka di kampus. Banyaknya mahasiswa yang mengalami kegagalan dalam prestasi akademisnya bukan dikarenakan rendahnya tingkat inteligensi ataupun kondisi fisik yang lemah melainkan karena adanya perasaan tidak mampu melaksanakan tugas dari kampus atau sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan prestasi akademik pada mahsiswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2007 atau kini memasuki semester 3 sejumlah 208 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling dimana sampelnya berjumlah 55 orang. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala efikasi diri dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan menggunakan metode product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan sangat signifikan antara efikasi diri dengan prestasi akademik, dengan nilai koefisien korelasi (r) yang dihasilkan adalah sebesar 0,345 dan probabilitas (P) = 0,010, yang berarti semakin tinggi efikasi diri mahasiswa maka akan makin tinggi prestasi akademiknya dan sebaliknya, makin rendah efikasi diri maka makin rendah prestasi akademiknya. Berdasarkan hasil koofisien determinasi (r2) yang dihasilkan menginterpretasikan efikasi diri memiliki sumbangan yang kecil terhadap prestasi akademik yaitu sebesar 11,9% sedangkan sisanya sebesar 88,1% berasal dari variabel lain yang tidak diteliti.

 

Keyword : efikasi diri, prestasi akademik, mahasiswa

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/313/jiptummpp-gdl-s1-2009-riniati048-15609-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


efikasi diri; prestasi akademik; mahasiswa; UMM