HUBUNGAN GAYA HIDUP KONSUMTIF DENGAN PERILAKU MEMBELI MELALUI INTERNET PADA NASABAH BANK CENTRAL ASIA KANTOR CABANG UTAMA MALANG

ZASKIA NURINA PRAMONO

Abstract


Internet sudah menjadi teknologi yang tidak asing lagi dan banyak membantu para pengusaha dalam berbisnis yang cepat, efisien dan efektif. Dalam dunia perbankan juga menganjurkan menggunakan internet dalam melakukan transaksi. Ini menjadi dasar peneliti dalam melakukan penelitian tentang apakah menggunakan internet banking dalam membeli merupakan gaya hidup konsumtif atau memang sudah menjadi kebutuhan para konsumen dalam bertransaksi bisnis, munculnya pertanyaan ini menjadi bahan peneliti untuk meneliti tentang ?Hubungan Gaya Hidup Konsumtif dengan Perilaku Membeli Melalui Internet pada Nasabah Bank Central Asia Kantor Cabang Utama Malang?.
Gaya hidup konsumtif adalah perilaku seseorang untuk pencapaian kenikmatan hidup, dimana produk merupakan simbol dan kepribadian yang diidentifikasikan. Sedangkan perilaku membeli melalui internet adalah pemikiran, pengamatan, pendengaran, penghayatan, perasaan dan penciuman seseorang untuk mengambil tindakan berupa tingkah laku untuk mendapatkan apa yang diinginkan berupa barang maupun jasa yang dibutuhkan dengan menukar uang yang individu tersebut miliki.
Rancangan penelitian ini adalah rancangan penelitian non eksperimen. Adapun populasi yang dipakai adalah semua nasabah Bank Central Asia Kantor Cabang Utama Malang sebanyak 100 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu dengan teknik sampling Insidental sampling, dengan jumlah sampel 50 orang. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan skala dengan menggunakan skala likert. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi product moment. Sebelum melakukan penelitian, terlebih dahulu peneliti melakukan try out. Hasil try out dari skala gaya hidup konsumtif diperoleh 37 item valid dari 40 item yang disajikan, sedangkan skala perilaku membeli melalui internet diperoleh 37 item valid dari 40 item yang disajikan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan sangat signifikan antara gaya hidup konsumtif terhadap perilaku membeli melalui internet dengan nilai koefisien korelasi (r) = 0,526 dan probabilitas kesalahan (p) = 0,000. Artinya dimana pada saat gaya hidup konsumtif tinggi maka perilaku membeli melalui internet tinggi, dan saat gaya hidup konsumtif rendah maka perilaku membeli melalui internet pun rendah. Kemudian hasil perhitungan koefisien korelasi determinasi diperoleh 0,276 atau sebesar 27,6% yang menandakan bahwa sumbangan efektif gaya hidup konsumtif terhadap perilaku membeli melalui internet sebesar 27,6% sedangkan sisanya 72,3% disebabkan oleh faktor lain seperti karena kebutuhan akan teknologi, efisiensi waktu, aspek harga diri, kebudayaan. Saran Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menyempurnakan dan memperkaya penelitian dengan menggunakan metode penelitian yang berbeda dan menggunakan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Keyword : Gaya Hidup Konsumtif, Perilaku Membeli melalui Internet

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/314/jiptummpp-gdl-s1-2009-zaskianuri-15677-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Gaya Hidup Konsumtif; Perilaku Membeli melalui Internet; UMM