MOTIVASI BERPRESTASI PADA REMAJA PENYANDANG CACAT FISIK BAWAAN

ARSY WULANDARI SUDARSONO

Abstract


Masalah fisik akan berpengaruh terutama pada saat seseorang memasuki usia remaja. Pada masa remaja, kondisi fisik merupakan bagian yang penting dalam membentuk dirinya yang baru. Kondisi fisik yang tidak sesuai dengan harapan biasanya mengganggu ruang geraknya. Pada umumnya bagi penyandang cacat fisik sulit untuk mencapai prestasi, baik dalam bidang pendidikan maupun bidang lainnya dan hal ini sering menimbulkan masalah psikologis, karena dengan kekurangan fisiknya itu remaja penyandang cacat fisik akan merasa dirinya tidak berdaya dan tidak berguna dalam menjadi anggota masyarakat. Namun, ada juga sebagian remaja penyandang cacat fisik bawaan yang memiliki motivasi berprestasi. Berdasarkan fenomena tersebut penulis ingin meneliti tentang faktor-faktor apa yang melatarbelakangi motivasi berprestasi pada remaja penyandang cacat fisik bawaan dan bagaimana dinamika psikologis dari faktor-faktor yang melatarbelakangi motivasi berprestasi pada remaja penyandang cacat fisik bawaan.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini ada dua orang yang terdiri dari dua orang remaja penyandang cacat fisik bawaan. Dimana didalamnya menggunakan metode observasi dan wawancara. Observasi dilakukan hanya untuk penentuan subyek yang mengalami cacat fisik sejak lahir. Dan wawancara dilakukan untuk menggali data secara mendalam yang berkaitan dengan motivasi berpresatsi subyek.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, diketahui bahwa masing-masing subyek memiliki kesamaan pada faktor-faktor yang melatar belakangi motivasi berprestasinya dan dinamika psikologis yang melatarbelakangi motivasi berprestasinya. Adapun faktor-faktor internal yang ada pada masing-masing subyek yaitu memiliki cita-cita atau aspirasi, kondisi jasmani dan rohani, dorongan untuk berprestasi, memiliki keuletan dalam mengatasi kesulitan atau tantangan yang mungkin timbul. Disamping itu juga adanya faktor-faktor eksternal yang masing-masing subyek mendapat dukungan dari orangtua atau keluarga, dukungan dari teman, lingkungan sosial tempat tinggalnya, serta sarana dan prasarana.

 

Keyword : Motivasi berprestasi, Penyandang cacat fisik

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/314/jiptummpp-gdl-s1-2009-arsywuland-15683-1+PENDAH-N.pdf


Keywords


Motivasi berprestasi; Penyandang cacat fisik; UMM